Ukraina Kembali Memohon Lebih Banyak Pasokan Senjata

Sabtu, 09 Juli 2022 - 10:00 WIB
loading...
Ukraina Kembali Memohon Lebih Banyak Pasokan Senjata
Ukraina Kembali Memohon Lebih Banyak Pasokan Senjata. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina mendesak sekutunya pada Jumat (8/7/2022) untuk mengirim lebih banyak senjata. Permintaan itu dilayangkan ketika pasukan Kiev berupaya memperlambat kemajuan militer Rusia melalui wilayah Donbas timur.

Wakil Komandan Unit Infanteri di luar Siversk, mengatakan, mereka membutuhkan lebih banyak senjata Barat bermutu tinggi untuk menopang pertahanan mereka.



Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, mengatakan, Ukraina masih tidak memiliki cukup senjata Barat dan tentara membutuhkan waktu untuk beradaptasi menggunakannya. Kiev telah mengaitkan keberhasilan medan perang dengan kedatangan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) buatan AS bulan lalu.

“Ketika mereka masuk, mesin perang Rusia bisa langsung merasakan efeknya,” kata Danilov kepada Reuters. “Tetapi lebih banyak bantuan militer Barat sangat penting,” lanjutnya.

Kepala staf Presiden Volodymyr Zelensky juga mendesak Barat untuk mengirim lebih banyak senjata berat untuk melawan apa yang disebutnya “taktik bumi hangus” Rusia. “Dengan jumlah howitzer, SPG, dan HIMARS yang cukup, tentara kami dapat menghentikan dan mengusir penjajah dari tanah kami,” tulis Andriy Yermak di Twitter.



Sementara Moskow terus memperingatkan negara-negara Barat tentang konsekuensi atas pembalasan mereka atas invasi. Ini menandakan bahwa Kremlin tidak berminat untuk berkompromi. Presiden Vladimir Putin mengatakan, penggunaan sanksi yang terus-menerus terhadap Rusia berisiko menyebabkan kenaikan harga energi “bencana”

Duta Besar Andrei Kelin mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan Rusia akan merebut sisa Donbas dan tidak mungkin mundur dari daratan di seberang pantai selatan. “Ukraina pada akhirnya harus mencapai kesepakatan damai atau "terus tergelincir ke bawah bukit ini" menuju kehancuran,” katanya.



Di garis depan Donbas, para pejabat Ukraina melaporkan penembakan Rusia terhadap kota-kota dan desa-desa menjelang dorongan yang diantisipasi untuk lebih banyak wilayah.

Sebuah unit infanteri Ukraina di jalan menuju kota Siversk, yang anggotanya berbicara kepada Reuters, telah mengatur posisi di tepi bunker tanah dalam yang ditutupi dengan kayu gelondongan dan karung pasir dan dipertahankan dengan senapan mesin.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)