Pelaku Penembakan Massal di Pawai Kemerdekaan AS Didakwa 7 Tuduhan Pembunuhan

Rabu, 06 Juli 2022 - 10:00 WIB
loading...
Pelaku Penembakan Massal di Pawai Kemerdekaan AS Didakwa 7 Tuduhan Pembunuhan
Pelaku Penembakan Massal di Pawai Kemerdekaan AS Didakwa 7 Tuduhan Pembunuhan. FOTO/Reuters
A A A
CHICAGO - Seorang pria berusia 21 tahun, Robert Crimo, yang diduga melepaskan tembakan pada parade hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) 4 Juli di pinggiran kota Chicago didakwa dengan 7 pembunuhan tingkat pertama, Selasa (5/7/2022).

Crimo ditangkap pada Senin (4/7/2022), beberapa jam setelah serangan terhadap kerumunan Hari Kemerdekaan yang meriah. "Akan ada lebih banyak dakwaan," kata Jaksa Negara Bagian Lake County, Eric Rinehart, seperti dikutip dari AFP.



"Kami mengantisipasi lusinan dakwaan lainnya yang berpusat di sekitar masing-masing korban," lanjut Eric. Saat melakukan aksinya, Crimo diduga memilih taget secara acak dan melakukan aksinya dari atap sebuah bangunan.

Juru bicara polisi Christopher Covelli mengatakan, jumlah korban tewas meningkat menjadi 7 orang pada Selasa, setelah salah satu korban yang terluka meninggal di rumah sakit. Selain korban tewas, aksi penembakan itu juga menyebabkan lebih dari 35 orang terluka.

Di antara yang tewas adalah Kevin McCarthy, 37 dan istrinya, Irina, 35 - orang tua dari seorang bocah lelaki berusia dua tahun yang ditemukan berkeliaran sendirian setelah penembakan itu, menurut CBS News.

Covelli mengatakan, tidak ada motif yang ditetapkan untuk serangan itu, yang membuat para pengunjung parade yang panik melarikan diri untuk hidup mereka. "Kami yakin Crimo telah merencanakan serangan ini selama beberapa minggu dan dia bertindak sendiri, katanya.



"Kami tidak memiliki informasi yang menunjukkan pada titik ini bahwa itu bermotivasi rasial, dimotivasi oleh agama atau status dilindungi lainnya," tambahnya. Menurut Covelli, Crimo memiliki riwayat masalah kesehatan mental dan perilaku mengancam.

Polisi telah dipanggil dua kali ke rumah Crimo pada 2019, sekali untuk menyelidiki upaya bunuh diri, dan yang kedua karena seorang kerabat mengatakan dia mengancam akan "membunuh semua orang" di keluarga itu, katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)