Pawai Hari Kemerdekaan AS Diwarnai Aksi Penembakan, 6 Tewas

Selasa, 05 Juli 2022 - 02:38 WIB
loading...
Pawai Hari Kemerdekaan AS Diwarnai Aksi Penembakan, 6 Tewas
Pawai Hari Kemerdekaan AS Diwarnai Aksi Penembakan, 6 Tewas. FOTO/Reuters
A A A
CHICAGO - Sedikitnya enam orang tewas dan 24 lainnya luka-luka dalam aksi penembakan pada parade kemerdekaan Amerika Serikat (AS) 4 Juli di Highland Park, pinggiran Chicago, Senin (4/7/2022) waktu setempat. Petugas masih memburu tersangka yang kemungkinan menembaki perayaan itu dari atap.

Komandan Polisi Highland Park Chris O'Neill, komandan insiden di tempat kejadian, mendesak orang-orang untuk berlindung di tempat ketika pihak berwenang mencari tersangka, yang digambarkan sebagai pria kulit putih yang mengenakan T-shirt putih atau biru.



Juru bicara Satuan Tugas Kejahatan Utama Lake County Christopher Covelli mengatakan pada konferensi pers, pria bersenjata itu tampaknya melepaskan tembakan ke arah penonton parade dari atap menggunakan senapan yang ditemukan di tempat kejadian. Dia tidak tahu gedung mana.

“Polisi yakin hanya ada satu penembak dan memperingatkan bahwa dia masih harus dianggap bersenjata dan berbahaya,” kata Covelli, seperti dikutip dari AP. Polisi belum merilis rincian tentang para korban atau yang terluka.

Pawai dimulai sekitar pukul 10 pagi, tetapi tiba-tiba dihentikan sekitar 10 menit kemudian setelah tembakan dilepaskan. Ratusan penonton parade – beberapa terlihat berlumuran darah – melarikan diri dari rute parade, meninggalkan kursi, kereta bayi, mainan mewah, sepeda, dan selimut. Polisi mengatakan kepada orang-orang: “Semua orang bubar, tolong. Tidak aman berada di sini.”



Polisi Highland Park mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin pagi bahwa lima orang telah tewas dan
19 orang dibawa ke rumah sakit. tetapi angka-angka itu direvisi segera setelah konferensi pers.

Video yang diambil oleh seorang jurnalis Sun-Times setelah tembakan terdengar menunjukkan sebuah band di atas kendaraan hias terus bermain ketika orang-orang berlarian melewatinya, berteriak.

Gubernur Illinois J.B. Pritzker mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dia "memantau dengan cermat situasi di Highland Park" dan bahwa Polisi Negara Bagian Illinois membantu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)