Jet Tempur F-22 AS Kembali Cegat Dua Pesawat Patroli Maritim Rusia

Kamis, 25 Juni 2020 - 23:50 WIB
loading...
Jet Tempur F-22 AS Kembali Cegat Dua Pesawat Patroli Maritim Rusia
Pesawat tempur F-22 Raptor AS mencegat pesawat patroli maritim Rusia di Alaska. Foto/MSN
A A A
WASHINGTON - Pesawat jet tempur F-22 Amerika Serikat (AS) mencegat dua pesawat patroli maritim Rusia IL-38 memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska pada Rabu malam. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD).

"Pesawat tempur F-22 Komando Pertahanan Udara Amerika Utara, didukung oleh KC-135 Stratotanker, mencegat dua pesawat patroli maritim Rusia IL-38 memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska pada 24 Juni," bunyi pernyataan itu.

"Pesawat Rusia itu berada dalam jarak 50 mil dari Pulau Unimak di sepanjang rantai pulau Aleut," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari CNN, Kamis (25/6/2020).

Pernyataan itu mengatakan pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah memasuki wilayah udara Amerika Serikat atau Kanada.

Pencegatan pada Rabu kemarin terjadi setelah pertemuan serupa awal bulan ini di mana jet F-22 AS mencegat pembom berkemampuan nuklir Rusia dekat Alaska pada dua kesempatan terpisah. (Baca: Terbang Dekat Perbatasan, Jet F-22 AS Kawal Pembom Tu-95M Rusia )

Pada bulan Maret, jet tempur AS dan Kanada mencegat dua pesawat pengintai Rusia saat mereka terbang di lepas pantai Alaska. Ada juga beberapa pencegatan yang melibatkan pesawat militer Rusia di lepas pantai Alaska pada tahun 2019. (Baca: AS dan Kanada Cegat Dua Pesawat Mata-mata Rusia di dekat Alaska )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)