Terbang Dekat Perbatasan, Jet F-22 AS Kawal Pembom Tu-95M Rusia

Rabu, 10 Juni 2020 - 20:03 WIB
loading...
Terbang Dekat Perbatasan, Jet F-22 AS Kawal Pembom Tu-95M Rusia
Pesawat pembom strategis Rusia Tu-95MS. Foto/Russia Beyond
A A A
MOSKOW - Jet tempur F-22 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) meluncur ke angkasa untuk mengawal pesawat pembom rudal strategis Tu-95MS Rusia selama penerbangan di atas perairan netral dekat perbatasan kedua negara. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Empat pembom strategis Tu-95MS dari penerbangan jarak jauh Angkatan Udara Rusia melakukan penerbangan terencana di atas perairan netral Laut Chukchi, Laut Bering, Laut Okhotsk, dan bagian utara Samudra Pasifik," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

"Pada tahap tertentu dari penerbangan, pesawat Rusia dikawal oleh pesawat tempur F-22 Angkatan Udara AS," sambung pernyataan itu, menambahkan bahwa penerbangan berlangsung selama 11 jam seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut pernyataan itu menyatakan bahwa penerbangan yang dilakukan Angkatan Udara Rusia sesuai dengan peraturan internasional.

"Pada bulan Mei, pembom strategis AS melakukan lima penerbangan di sepanjang perbatasan Rusia," Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan.

Beberapa pesawat pengintai juga terlihat di dekat perbatasan Rusia di Baltik pada April, sementara pesawat AS lainnya melakukan misi di dekat pangkalan militer Rusia di Suriah pada Mei. (Baca: AS Gelar Operasi Pengintaian Dekat Pangkalan Rusia di Suriah )
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)