Brutal! Pria Kulit Hitam Ditembak 60 Kali Oleh Polisi AS

Minggu, 03 Juli 2022 - 13:32 WIB
loading...
Brutal! Pria Kulit Hitam Ditembak 60 Kali Oleh Polisi AS
Seorang pria kulit hitam ditembak 60 kali oleh polisi AS saat dia melarikan diri ketika kendaraannya dihentikan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Seorang pria kulit hitam di Akron, Ohio, Amerika Serikat (AS) tewas ditembak setidaknya 60 kali oleh polisi saat ia melarikan diri setelah menghentikan kendaraannya.

Peristiwa yang terjadi pada awal pekan ini itu diungkapkan oleh pengacara keluarga korban mengutip video kamera di tubuh polisi yang dilihatnya.

"Petugas Departemen Kepolisian Akron berusaha menghentikan Jayland Walker yang berusia 25 tahun pada pukul 00:30 pagi karena pelanggaran lalu lintas dan melakukan pengejaran setelah dia menolak untuk berhenti," kata departemen kepolisian dalam sebuah pernyataan pada Selasa lalu di halaman Facebooknya.

"Setelah beberapa menit, Walker melambat dan meninggalkan mobilnya saat masih berjalan dan melarikan diri dari polisi," menurut pernyataan itu seperti dikutip dari The Hill, Minggu (3/7/2022).

Pernyataan itu mengatakan Walker berlari ke tempat parkir, dan tindakan oleh tersangka menyebabkan petugas menganggap dia merupakan ancaman mematikan bagi mereka.

"Petugas menembaknya dan meminta layanan medis, tetapi Walker dinyatakan meninggal di tempat kejadian," menurut pernyataan itu.

Pengacara keluarga Walker, Bobby DiCello, mengatakan kepada Akron Beacon Journal dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Jumat malam bahwa Walker tampaknya tidak memberi isyarat kepada petugas dengan cara yang mengancam, berdasarkan video kamera tubuh yang dia lihat.



Dia mengatakan petugas tampaknya telah melepaskan lusinan tembakan ke arah Walker saat dia melarikan diri tanpa membawa apa-apa di tangannya.

Departemen kepolisian mengatakan dalam pernyataannya bahwa petugas yang terlibat telah ditempatkan pada cuti administratif yang dibayar sesuai dengan prosedur departemen, namun tidak menyebutkan nama mereka.

DiCello tidak segera membalas permintaan dari The Hill untuk memberikan komentar.

DiCello mengatakan video itu menunjukkan seorang petugas dengan tenang memberi tahu petugas operator tentang pengejaran terhadap Walker pada pukul 00:30 pagi setelah polisi berusaha menghentikannya.

Pernyataan departemen kepolisian mengatakan bahwa petugas melaporkan senjata api dikeluarkan dari mobil Walker saat mereka mengejarnya. Tapi DiCello mempertanyakan hal itu, mengatakan kepada Journal bahwa kaca belakang mobil Walker tidak rusak, yang berarti tembakan tidak ditembakkan langsung ke belakang.

“Dan saya harus menekankan bahwa tidak ada bukti bahwa kami telah ditunjukkan, atau bahwa kami telah menemukan, atau bahwa kami mengetahuinya mengatakan bahwa pemuda itu entah bagaimana saat mengemudi menjauh dari petugas mengarahkan senjatanya ke petugas," kata DiCello.

Dia menambahkan bahwa polisi mengatakan video lalu lintas Departemen Transportasi Ohio menunjukkan tembakan yang berasal dari mobil Walker, tetapi tim hukumnya belum menemukan bukti itu.



DiCello mengatakan kepada The New York Times bahwa kepala polisi kota mengatakan kepadanya dalam sebuah pertemuan bahwa dia belum menemukan bukti apa pun yang dilakukan Walker yang akan membuat petugas yang terlibat dalam insiden itu, dalam kata-kata pengacara, "dalam ketakutan" atau mengharuskan mereka untuk menembak.

Dia mengatakan kepala polisi juga mengatakan kepadanya bahwa dua petugas mencoba menggunakan pistol setrum pada Walker beberapa saat sebelum penembakan dimulai.

DiCello mengatakan kepada Journal bahwa dalam video body-cam seorang petugas memanggil kecepatan Walker melaju, secepat 50 mil per jam, sebelum dia melambat hingga 15 mil per jam dan kemudian berlari seolah-olah dia adalah pemain sepak bola yang berlari ke zona akhir.

Dia mengatakan petugas mengejarnya dan menembaknya dalam hitungan detik. Dia membandingkan suara itu dengan seluruh mercon kembang api yang meledak.

Dia mengatakan dia pikir jumlah tembakan yang dilepaskan mencapai 90, dan penyelidikan menunjukkan Walker menerima 60 hingga 80 luka.

"Saya pikir penembakan terjadi dalam waktu sekitar enam detik," kata DiCello. "Itu adalah jumlah tembakan yang luar biasa."

The Journal melaporkan bahwa polisi akan merilis rekaman body-cam setelah konferensi pers pada hari Minggu.



DiCello mengatakan kepada outlet video itu sangat, sangat mengganggu dan tidak seperti apa pun yang dia lihat.

Pernyataan departemen kepolisian mengatakan bahwa unit kejahatan utama departemen akan melakukan penyelidikan awal dengan bantuan dari Biro Investigasi Kriminal Ohio. Setelah penyelidikan itu selesai, Kantor Kejaksaan Agung Ohio akan meninjau kasus tersebut sebelum diajukan ke dewan juri Summit County.

"Kantor Standar Profesional dan Akuntabilitas akan melakukan penyelidikan internal yang terpisah, dan hasilnya akan disampaikan kepada kepala polisi dan auditor polisi kota untuk ditinjau," bunyi pernyataan itu.

Walikota Akron Dan Horrigan dan Kepala Polisi Steve Mylett merilis pernyataan bersama pada hari Rabu, mengatakan kapan saja seorang petugas harus melepaskan tembkan dari senjata mereka adalah "hari yang gelap" bagi kota, keluarga mereka yang terlibat dan petugas.

“Tragisnya, kita sekali lagi dihadapkan dengan seorang pemuda, dengan hidupnya di hadapannya, pergi terlalu cepat,” kata mereka.

“Setiap kehidupan sangat berharga, dan hilangnya nyawa apa pun benar-benar menghancurkan seluruh komunitas kita,” sambung pernyataan bersama itu.

Mereka mengatakan mereka mempercayai biro investigasi kriminal jaksa agung untuk melakukan penyelidikan yang menyeluruh, adil dan jujur. Mereka mengatakan bahwa mereka menjadikan kerja sama dalam penyelidikan sebagai prioritas utama bagi anggota staf mereka.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)