Mantan Menlu AS Kissinger Ungkap 3 Kemungkinan Hasil Akhir Konflik Ukraina

Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:54 WIB
loading...
A A A
Menurut Kissinger, "hasil ketiga" ini sama dengan yang dia buat selama pidato videonya di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos pada Mei.

Dalam pidato yang menjadi berita utama internasional, dia bersikeras, “Negosiasi perdamaian (di Ukraina) perlu dimulai dalam dua bulan ke depan, jika tidak, konflik dapat berubah dari perang tentang kebebasan Ukraina, yang telah dilakukan dengan kohesi besar oleh NATO, menjadi perang melawan Rusia sendiri.”

“Hasil ideal dari pembicaraan itu adalah kembali ke status quo ante,” ungkap dia.

Proposal tersebut membuat marah banyak orang di Ukraina, dengan Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Kissenger “muncul dari masa lalu yang dalam dan mengatakan sebagian dari Ukraina harus diberikan kepada Rusia” untuk menenangkan Moskow.

Zelensky menyebut Kissinger lupa bahwa ini tahun 2022 dan berpikir dia sedang berbicara dengan audiensi di Munich pada 1938.

Yang terakhir adalah referensi ke Perjanjian Munich, yang melihat Inggris, Prancis dan Italia setuju menyerahkan sebagian Cekoslowakia ke Nazi Jerman dalam upaya sia-sia menghindari konflik besar di benua itu. Perang Dunia II dimulai tahun depannya.

Nama Kissenger juga muncul di situs web Mirotvorets (Pembuat Perdamaian) yang terkenal, yang menampung database yang dapat dicari secara publik yang para penulisnya yakini sebagai musuh Ukraina.

Kissenger dicap sebagai "kaki tangan dalam kejahatan otoritas Rusia terhadap Ukraina dan warganya."

Politisi veteran itu mengatakan kepada The Spectator bahwa, “Tujuan pernyataan Davos adalah untuk menunjukkan bahwa masalah tujuan perang perlu dihadapi sebelum momentum perang membuatnya tidak terkendali secara politik.”

Adapun kritik Zelensky, "dalam pernyataan terbarunya dia pada dasarnya menerima apa yang saya uraikan di Davos," menurut Kissinger bersikeras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)