Gereja Presbiterian AS Nyatakan Israel Negara Apartheid

Jum'at, 01 Juli 2022 - 14:24 WIB
loading...
Gereja Presbiterian AS Nyatakan Israel Negara Apartheid
Gereja Presbiterian AS nyatakan Israel sebagai negara apartheid. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Gereja Presbiterian Amerika Serikat (AS) memberikan suara pada hari Selasa di Majelis Umum ke-225 untuk menyatakan Israel sebagai "negara apartheid " dan menetapkan Hari Peringatan Nakba dalam kalender peringatan mereka.

Gereja itu mengklaim memiliki lebih dari 1,7 juta anggota.

"Komite Keterlibatan Internasional mengeluarkan resolusi yang mengakui bahwa hukum, kebijakan, dan praktik Israel mengenai rakyat Palestina memenuhi definisi hukum internasional tentang apartheid," menurut sebuah pernyataan di situs web Gereja Presbiterian seperti dilansir dari Al Araby, Jumat (1/7/2022).

Komite itu juga menyerukan diakhirinya pengepungan Israel atas Gaza dan menegaskan hak semua orang untuk hidup dan beribadah secara damai di Yerusalem.



Dari 31 anggota pemungutan suara, 28 setuju dengan resolusi tersebut, yang menyatakan bahwa Israel mempraktikkan apartheid dengan menetapkan dua perangkat hukum, satu untuk orang Israel dan satu untuk orang Palestina, yang memberikan perlakuan istimewa kepada orang Yahudi Israel dan perlakuan yang menindas kepada orang Palestina.

Sebuah resolusi juga menetapkan 15 Mei sebagai Peringatan Nakba Palestina – memperingati tragedi di mana 750.000 orang Palestina diusir karena pembentukan Israel pada tahun 1948 – juga disetujui.

Resolusi ini menerima 31 suara setuju dan tidak ada suara negatif dalam komite.

Resolusi itu disahkan guna tujuan mengangkat doa untuk perdamaian dan memberikan solidaritas bagi mereka yang menderita di bawah pendudukan.

Resolusi tersebut juga menyatakan bahwa peringatan tersebut harus dimasukkan setiap tahun dalam Kalender Perencanaan Presbiterian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)