Rusia Lancarkan Serangan Rudal ke Odesa, 10 Tewas

Jum'at, 01 Juli 2022 - 11:27 WIB
loading...
A A A
Militer Ukraina memposting gambar di Facebook dari apa yang tampak seperti pulau, dilihat dari udara, dengan beberapa kolom asap hitam membubung di atasnya.



“Musuh buru-buru mengevakuasi sisa-sisa garnisun dengan dua speed boat dan mungkin meninggalkan pulau. Saat ini, Pulau Ular dilalap api, ledakan meledak,” katanya.

Brigadir Jenderal Ukraina Oleksii Hromov mengatakan pasukan Ukraina belum menduduki pulau itu tetapi akan melakukannya.

Pulau berbatu itu menghadap ke jalur laut Odesa, pelabuhan Laut Hitam utama Ukraina, di mana Rusia memblokir kargo makanan dari salah satu pemasok biji-bijian terkemuka dunia itu.

Pulau Ular menarik perhatian dunia setelah Rusia merebutnya pada hari pertama dari apa yang digambarkannya sebagai “operasi khusus” untuk melucuti senjata nasionalis yang berbahaya. Seorang penjaga Ukraina, yang diperintahkan oleh kapal penjelajah utama Rusia Moskva untuk menyerah, membalas melalui radio, “Kapal perang Rusia: pergilah sendiri”.

Mengangkat blokade telah menjadi tujuan utama Barat. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh Rusia sengaja menyebabkan kelaparan dunia sebagai "pemerasan".



Namun Moskow membantah memblokir pelabuhan dan menyalahkan kekurangan pangan atas sanksi Barat yang dikatakan membatasi ekspornya sendiri.

Rusia telah mempertahankan pulau itu sejak Februari meskipun Ukraina mengklaim menimbulkan kerusakan parah, menenggelamkan kapal pasokan dan menghancurkan benteng Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)