Rusia Tuding Ukraina Rancang Serangkaian Provokasi Baru

Kamis, 30 Juni 2022 - 08:43 WIB
loading...
Rusia Tuding Ukraina Rancang Serangkaian Provokasi Baru
Tentara Ukraina berada di peluncur roket. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Militer Rusia menuding pemerintah Ukraina sedang menyiapkan panggung untuk sejumlah provokasi yang secara keliru akan melibatkan Rusia dalam kejahatan perang dan kekejaman, termasuk serangan senjata kimia.

Menurut militer Rusia, rencana itu antara lain, Kiev berencana meluncurkan serangan artileri roket dari kota Krivoy Rog di Wilayah Dnepropetrovsk.

“Nasionalis Ukraina akan menembak dari lokasi di daerah perumahan di satu rumah sakit di komunitas yang dikendalikan Rusia,” ungkap Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev.



“Neo-Nazi Ukraina ingin memicu serangan balasan dan kemudian menuduh angkatan bersenjata Rusia melakukan serangan membabi buta terhadap infrastruktur sipil dan non-kombatan Ukraina,” papar Mizintsev.

“Dalam kasus terpisah, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) telah melakukan kontak dengan pejabat kesehatan di Wilayah Odessa untuk menyelesaikan masalah dengan penerimaan dan perawatan orang yang terluka oleh bahan kimia beracun," papar pejabat itu.



Militer Rusia percaya ini menjadi indikator bahwa Kiev ingin melakukan serangan senjata kimia palsu dan menyalahkan Rusia.

Mizintsev adalah kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, dan juga mengawasi misi kemanusiaan militer Rusia untuk operasi Ukraina.

Dalam pernyataannya, dia berbicara kepada negara-negara Barat dan organisasi internasional seperti PBB dan Komite Internasional Palang Merah, memperingatkan bahwa Kiev sedang mempersiapkan "provokasi ini dan lainnya yang serupa" terhadap Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)