Dilantik, Ketanji Brown Jackson Jadi Hakim Agung Wanita Kulit Hitam Pertama AS

Jum'at, 01 Juli 2022 - 07:09 WIB
loading...
Dilantik, Ketanji Brown Jackson Jadi Hakim Agung Wanita Kulit Hitam Pertama AS
Ketanji Brown Jackson dilantik sebagai hakim Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) pada Kamis waktu setempat. Foto/Tangkapan layar
A A A
WASHINGTON - Ketanji Brown Jackson dilantik sebagai hakim Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) pada Kamis waktu setempat. Ini menjadikannya sebagai wanita kulit hitam pertama di pengadilan tertinggi negara itu.

Jackson, mantan pengacara publik dan hakim pengadilan banding federal, dilantik dalam sebuah upacara kecil tak lama setelah Hakim Stephen Breyer resmi pensiun. Ketua Hakim John Roberts melaksanakan pengambolan sumpah konstitusional dan Breyer melaksanakan sumpah yudisial.

Suami Jackson, Dr. Patrick Jackson, dua putri mereka dan para hakim Mahkamah Agung lainnya, serta pensiunan Hakim Anthony Kennedy, yang mengundurkan diri dari pengadilan pada 2018 hadir dalam acara tersebut.

“Dengan sepenuh hati, saya menerima tanggung jawab serius ini untuk mendukung dan membela Konstitusi Amerika Serikat dan menjalankan keadilan tanpa rasa takut atau bantuan, jadi tolong saya Tuhan. Saya benar-benar bersyukur menjadi bagian dari janji Bangsa kita yang besar. Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua rekan baru saya atas sambutan hangat dan ramah mereka," kata Jackson dalam sebuah pernyataan setelah upacara seperti dikutip dari NCB News, Jumat (1/7/2022).

Dia juga menyinggung soal Breyer, yang mempekerjakannya sebagai pegawai pada tahun 1999, menyebutnya sebagai teman pribadi dan mentornya.

Breyer mengatakan kerja keras, integritas, dan kecerdasan Jackson telah membuatnya mendapatkan tempat di Mahkamah Agung AS.

"Saya senang untuk rekan-rekan Hakim saya," ujarnya.

Baca juga: MA Amerika Putuskan Warga AS Berhak Bawa Pistol di Tempat Umum, Biden Marah

"Mereka mendapatkan rekan kerja yang empati, bijaksana, dan kolegial. Saya senang untuk Amerika. Ketanji akan menafsirkan hukum dengan bijak dan adil, membantu hukum itu bekerja lebih baik untuk rakyat Amerika, yang dilayaninya," imbuhnya.

Roberts mengatakan upacara penobatan resmi akan diadakan untuk Jackson pada musim gugur, tetapi pengambilan sumpahnya yang dilakukan pada hari Kamis memungkinkan dia untuk bekerja di pengadilan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1881 seconds (11.252#12.26)