Spesifikasi MiG-41, Calon Jet Tempur Generasi Keenam Rusia dengan Kemampuan Mengerikan

Kamis, 30 Juni 2022 - 22:36 WIB
loading...
Spesifikasi MiG-41, Calon Jet Tempur Generasi Keenam Rusia dengan Kemampuan Mengerikan
Spesifikasi MiG-41, Calon Jet Tempur Generasi Keenam Rusia dengan Kemampuan Mengerikan. FOTO/Deviantart
A A A
JAKARTA - Berbicara tentang persenjataan militer, Rusia tidak pernah kehabisan ide dalam membuatnya. Mungkin hal inilah yang membuat negara ini menjadi salah satu kekuatan militer terkuat di dunia.

Pada dunia teknologi, istilah ‘vaporware’ digunakan pada sebuah produk yang belum tersedia atau masih berada dalam tahap perencanaan. Dalam hal ini, Rusia sendiri diketahui sedang mengembangkan sebuah jet tempur canggih generasi keenam. Namanya adalah MiG-41.

Baca: Duel Udara, MiG-29 Ukraina Tembak Jatuh Jet Tempur Canggih Su-35 Rusia

Dikutip dari situs 19fortyfive, tujuan dari pembuatan MiG-41 ini untuk mengganti MiG-31. Sebelumnya, pada tahun 2016, kepala MiG Sergey Korotkov mengatakan bahwa pada tahun 2028, jet tempur MiG-31 sudah tidak ada lagi.

Sejak diumumkan pada 2018, mulai muncul beberapa detail dari MiG-41 tersebut. Salah satunya adalah pesawat akan dilengkapi dengan mesin ramjet atau turboramjet dan mampu mencapai kecepatan antara 4 hingga 5 mach. Selain itu, jet tempur Rusia ini juga akan menggunakan teknologi siluman dan dilengkapi rudal anti-satelit.

Lebih lanjut, CEO MiG Ilya Tarasenko pernah mengatakan bahwa proyek ini bukanlah mitos belaka. Melainkan sebuah proyek lama untuk MiG dan saat ini sedang dilakukan pengembangan dibawah naungan UAC atau United Aircraft Corporation.

Baca: Jerman Rilis Bantuan Militer untuk Ukraina, dari Suku Cadang MIG-29 hingga Amunisi

Dikutip dari Defence View, desain MiG-41 ini sudah selesai pada tahun 2019. Direktur Umum MiG Corporation mengatakan bahwa desain jet tempur tersebut dibuat berdasarkan Foxhound MiG-31.

Sebagai pesawat pencegat jarak jauh, nantinya MiG-41 akan digunakan untuk berpatroli di perbatasan Rusia dan menembak jatuh pesawat musuh yang melintas. Jet tempur ini akan dikembangkan menjadi dua versi, yaitu berawak dan tanpa awak.

Dalam segi persenjataannya, MiG-41 akan dilengkapi senjata canggih seperti senjata laser, rudal hipersonik, hingga rudal anti-satelit. Rusia juga merencanakan untuk mempersenjatai jet tempur generasi keenam ini dengan sistem rudal MPKR DP (Multifunctional Long Range Interceptor Missile System). Sebuah senjata canggih yang bisa mengeluarkan sub-rudal untuk meningkatkan intensitas serangan pada musuh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (11.252#12.26)