Cibir AS yang Gemar Perang di Mana-mana, Eks Bos F1 Bela Vladimir Putin

Kamis, 30 Juni 2022 - 19:46 WIB
loading...
Cibir AS yang Gemar Perang di Mana-mana, Eks Bos F1 Bela Vladimir Putin
Mantan Ketua Formula 1, Bernie Ecclestone, blakblakan mendukung Presiden Vladimir Putin dalam perang Rusia di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Mantan ketua Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone, blakblakan mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin atas perang Rusia di Ukraina . Dia lantas mencibir kelakukan buruk Amerika Serikat (AS) yang terlibat perang di banyak negara serta menjual senjata kepada negara yang berkonflik.

Bagi Ecclestone, Putin dia anggap sebagai "orang kelas satu". Dalam perang Moskow-Kiev, dia mengkritik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky karena tidak berbuat lebih banyak untuk mencegah perang tersebut.

Ecclestone, yang menjalankan F1 selama 40 tahun sebelum meninggalkan perannya sebagai kepala eksekutif pada tahun 2017, berbicara tentang kekagumannya yang berkelanjutan kepada Putin dalam sebuah penampilan di acara "Good Morning Britain" ITV pada hari Kamis (30/6/2022).

Ketika ditanya oleh presenter apakah dia masih berdiri di samping pemimpin Rusia—seorang pria yang sering dia gambarkan sebagai teman—Ecclestone menjawab: “Saya masih akan mengambil peluru untuknya.”

“Saya lebih suka itu tidak sakit, tetapi jika itu terjadi, saya masih akan mengambil peluru. Karena dia orang kelas satu. Dan apa yang dia lakukan adalah sesuatu yang dia yakini sebagai hal yang benar untuk Rusia," paparnya.



Ecclestone berpendapat bahwa konflik di Ukraina masih merupakan “kesalahan”. "Anda harus melakukan yang terbaik yang Anda bisa untuk keluar darinya," ujarnya.

Pebisnis Inggris berusia 91 tahun itu kemudian menyalahkan Presiden Ukraina Zelensky karena tidak berbuat lebih banyak untuk mencegah perang, menunjukkan bahwa pemimpin itu lebih cocok untuk perannya sebelumnya sebagai aktor dan komedian.

“Orang lain di Ukraina, profesinya yang saya pahami dulu adalah seorang komedian dan saya pikir sepertinya dia ingin melanjutkan profesi itu, karena saya pikir jika dia memikirkan sesuatu, dia pasti akan berusaha keras untuk berbicara kepada Putin, yang adalah orang yang bijaksana, dan akan mendengarkannya dan mungkin bisa melakukan sesuatu untuk itu,” kata Ecclestone.

Terkesan tidak mau menerima pandangan Ecclestone, tim presenter ITV menekan mantan kepala F1 itu dengan menanyakan kepadanya tentang “kematian ribuan prajurit Ukraina dan Rusia yang tidak bersalah".

"Anda tidak bisa membenarkan itu, tentu saja?" tanya pembawa acara, Ben Shephard.

“Itu tidak disengaja. Lihatlah setiap saat Amerika telah pindah ke berbagai negara yang tidak ada hubungannya dengan Amerika,” jawab Ecclestone, mulai mengusik catatan buruk invasi AS.

“Sebenarnya di Amerika, itu urusan mereka, mereka suka perang karena mereka menjual banyak persenjataan.”

Presenter Kate Garraway kemudian bertanya kepada Ecclestone apakah dia bersikeras bahwa Zelensky seharusnya berbuat lebih banyak untuk mencegah konflik, yang dia jawab: "Tentu saja."

“Saya cukup yakin Ukraina, jika mereka ingin keluar dengan benar, bisa melakukannya,” kata mantan bos F1 itu dengan menantang, sambil menyarankan bahwa Putin juga menginginkan jalan keluar dari konflik tersebut.

Ecclestone menambahkan bahwa dia dengan keras menentang skorsing besar-besaran yang ditempatkan pada atlet Rusia sejak konflik dimulai, dengan mengatakan "mereka tidak boleh dihukum."

Ecclestone telah sering membela Putin dan mengatakan pada bulan Februari bahwa dia selalu menganggap pemimpin Rusia itu “sangat lugas dan terhormat".

Dia pertama kali mengatakan dia akan mengambil peluru untuk presiden Rusia pada tahun 2019 dan telah menyebut Putin sebagai pemimpin terkuat di Eropa.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)