Biden Ancam Putin dengan NATO-isasi Eropa, Siap Kerahkan Banyak Jet Siluman F-35

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:03 WIB
loading...
Biden Ancam Putin dengan NATO-isasi Eropa, Siap Kerahkan Banyak Jet Siluman F-35
Presiden AS Joe Biden (kiri) mengancam Presiden Rusia Vladimir Putin dengan NATO-isasi Eropa. Dia siap kerahkan banyak kapal perang dan jet tempur F-35 ke Eropa. Foto/REUTERS
A A A
MADRID - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengancam Presiden Rusia Vladimir Putin dengan apa yang dia sebut "NATO-isasi Eropa". Menurutnya, Amerika siap mengerahkan lebih banyak kapal perang, jet tempur siluman F-35 dan sistem pertahanan rudal ke Eropa dalam beberapa bulan ke depan.

Hal itu disampaikan Biden dalam pertemuan puncak (KTT) tahunan NATO di Madrid pada Rabu.

“Saya mengatakan Putin mencari Finlandia-isasi Eropa,” kata Biden.

“Dia akan mendapatkan NATO-isasi Eropa. Dan itulah yang sebenarnya tidak dia inginkan, tetapi sebenarnya apa yang perlu dilakukan untuk menjamin keamanan bagi Eropa. Dan saya pikir itu perlu," paparnya, seperti dikutip Politico, Kamis (30/6/2022).

Langkah-langkah tersebut akan menambah daya tembak yang signifikan ke benua Eropa dan menandakan komitmen Amerika yang mendalam untuk negara-negara garis depan timur NATO, yang khawatir Rusia dapat melanjutkan perjalanannya ke barat jika mereka berhasil di Ukraina.

Baca juga: Andalkan 64 Jet Tempur Siluman F-35, Finlandia Siap Lawan Rusia

“Posisi saya adalah bahwa begitu Rusia mendapatkan seluruh Ukraina, mereka akan melangkah lebih jauh. Moldova, negara-negara Baltik, Polandia, Slovakia, Rumania,” kata Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad kepada Politico di sela-sela konferensi.

“Kita harus menghentikan mereka," ujarnya.

Slovakia mengirim sistem anti-pesawat S-300 buatan Rusia ke Ukraina musim semi ini, dan telah didukung oleh baterai sistem rudal Patriot dari Jerman, Belanda dan AS.

Nad mengatakan dia siap untuk mengirim tank T-72 juga, jika diganti oleh Barat.

Sementara gerakan baru Biden tidak termasuk Slovakia, tim tempur brigade Amerika akan menuju ke Rumania sebagai yang pertama dari apa yang akan menjadi kehadiran rotasi baru Amerika di negara itu, kemampuan yang telah lama diminta Bucharest.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1818 seconds (11.97#12.26)