Presiden China Xi Jinping Tiba di Hong Kong, Rayakan 25 Tahun Penyerahan Wilayah Jajahan

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:46 WIB
loading...
Presiden China Xi Jinping Tiba di Hong Kong, Rayakan 25 Tahun Penyerahan Wilayah Jajahan
Presiden Xi Jinping dan Ibu Negara China Peng Liyuan disambut meriah saat tiba di Hong Kong, Kamis (30/6/2022). Foto/REUTERS/B. Yip
A A A
HONG KONG - Presiden yang juga pemimpin Partai Komunis China, Xi Jinping , tiba di Hong Kong hari ini (30/6/2022) untuk menghadiri perayaan 25 tahun penyerahan wilayah jajahan itu oleh Inggris.

Dia juga dijadwalkan melantik pemimpin baru Hong Kong, John Lee, besok.

Kunjungan Xi, menggunakan kereta api berkecepatan tinggi, adalah yang pertama ke kota itu sejak 2017. Itu juga menjadi perjalanan pertama yang diketahui di luar daratan China dalam lebih dari dua tahun di tengah epidemi COVID-19.

Xi, mengenakan masker, melangkah keluar dari kereta dan disambut oleh anak-anak dan orang dewasa yang melambaikan bunga serta bendera China dan Hong Kong. Para penyambut meneriakkan yel-yel; "Selamat datang, selamat datang, sambutan hangat" dalam bahasa Mandarin.

Menurut laporan Reuters, pemimpin Hong Kong yang lengser, Carrie Lam, dan suaminya termasuk di antara mereka yang menyambut Xi Jinping di stasiun kereta.

Baca juga: Bak Film Action, Perang Gangster Gegerkan Hong Kong

Jalan-jalan kota telah dihiasi dengan bendera merah China dan poster yang menyatakan "era baru" stabilitas.

Pihak berwenang mengerahkan pengamanan ketat di sekitar stasiun kereta tempat Xi Jinping tiba dan melakukan pemeriksaan "penghentian dan pencarian", di mana beberapa petugas dikerahkan dan dibantu oleh anjing pelacak.

Jadwal lengkap resmi Xi Jinping untuk kunjungan tersebut belum dirilis. Peramal cuaca Hong Kong mengeluarkan peringatan topan pada Rabu malam, tetapi tidak jelas apakah perayaan itu akan terpengaruh.

Pada kunjungan terakhirnya ke pusat keuangan global itu, Xi Jinping memperingatkan terhadap segala tindakan yang membahayakan kedaulatan China dan mengatakan Hong Kong perlu meningkatkan rejimen keamanan nasionalnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1403 seconds (11.210#12.26)