Putin: Meski Tujuan Tetap Sama, Taktik Dapat Berubah

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:25 WIB
loading...
Putin: Meski Tujuan Tetap Sama, Taktik Dapat Berubah
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/tass
A A A
ASHGABAT - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan tujuan Rusia di Ukraina tidak berubah. Sikap itu diungkapkan pada Rabu (29/6/2022) saat konferensi pers di Ashgabat, Turkmenistan.

Ini merupakan perjalanan luar negeri pertama Putin sejak Februari. “Tidak ada yang berubah,” tegas Putin.

Dia mengatakan, “Tujuan akhirnya adalah untuk membebaskan Donbass, untuk melindungi orang-orang ini dan untuk menciptakan kondisi yang akan menjamin keselamatan Rusia sendiri. Itu dia."



Putin mengklarifikasi bahwa meskipun tujuannya tetap sama, taktik yang digunakan untuk mencapainya dapat berubah sesuai dengan apa yang dianggap tepat oleh militer. Namun, dia bersikeras, "Semuanya berjalan sesuai rencana."

“Saya tidak berbicara tentang tenggat waktu, saya tidak pernah melakukannya, karena itulah hidup, ini adalah kenyataan. Memaksakan tenggat waktu adalah salah, karena terkait dengan intensitas pertempuran, dan intensitasnya terkait langsung dengan kemungkinan korban. Dan pertama-tama kita harus berpikir tentang melestarikan kehidupan orang-orang kita,” tutur dia.



Mengomentari pengakuan Sekretaris Jenderal NATO bahwa blok itu bersiap-siap untuk konflik sejak 2014, Putin mengatakan itu “bukan hal baru” bagi Moskow.

Dia menambahkan, untuk waktu yang lama, Amerika Serikat (AS) telah mencari musuh eksternal untuk mengumpulkan sekutu di sekitar Washington, dan Rusia lebih cocok untuk peran itu daripada Iran.

“Ini sekali lagi menegaskan apa yang telah kami katakan selama ini: bahwa NATO adalah peninggalan Perang Dingin,” ujar Putin.

Dia menekankan, “Kami selalu diberitahu bahwa NATO telah berubah, bahwa itu adalah blok politik sekarang, tetapi semua orang mencari peluang dan pembenaran untuk memberinya momentum baru sebagai organisasi militer khusus. Dan begitulah, mereka melakukannya.”

Menanggapi pertanyaan tentang Finlandia dan Swedia yang bergabung dengan blok tersebut, Putin mengatakan penggambaran Barat tentang ini sebagai kekalahan tujuan Rusia untuk menjauhkan NATO sepenuhnya salah.

“Kami tidak memiliki masalah dengan Swedia dan Finlandia yang sayangnya kami lakukan dengan Ukraina,” papar dia.

Dia menjelaskan, “Kami tidak memiliki perselisihan teritorial, kami tidak memiliki apa pun yang akan mengkhawatirkan kami sehubungan dengan keanggotaan NATO di Finlandia dan Swedia. Jika mereka mau, biarkan saja.”

“Mereka harus memahami dengan jelas bahwa mereka tidak memiliki ancaman sebelumnya, tetapi sekarang, jika pasukan militer dan infrastruktur berada di sana, kami akan dipaksa untuk membalas, dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah kami," tutur Putin.

Dia memperingatkan, “Ini jelas. Apakah mereka tidak memahaminya? Semuanya baik-baik saja sebelumnya di antara kami, tetapi sekarang akan ada ketegangan, tentu saja, saya ulangi, jika kami diancam.”

Namun, Putin menggarisbawahi bahwa saat ini, Moskow tidak melihat potensi ancaman dari Stockholm dan Helsinki sebagai berbahaya seperti yang datang dari Kiev selama beberapa tahun terakhir.

“Bagi kami, Finlandia dan Swedia di NATO sama sekali berbeda dengan Ukraina di NATO,” ujar Putin.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina.

Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Pada Februari 2022, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan.

Vladimir Putin mengunjungi Ashgabat, Turkmenistan, pada hari Rabu, selama perjalanan luar negeri pertamanya sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina.

Dia menghadiri KTT Kaspia keenam, bertemu dengan para pemimpin Azerbaijan, Iran, Kazakhstan dan Turkmenistan. Sehari sebelumnya, dia mengunjungi Tajikistan dan bertemu dengan Presiden Emomali Rahmon.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)