Pintu Indonesia Dibuka Lebar Jokowi Bagi Warga Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:03 WIB
loading...
Pintu Indonesia Dibuka Lebar Jokowi Bagi Warga Ukraina
Presiden RI Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina. Foto/kedubes ukraina
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina berterima kasih atas kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana ke Ibu Kota Kiev.

Ukraina juga berterima kasih karena Jokowi membuka pintu Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pembebasan visa bagi warga Ukraina pemilik paspor biasa.

Pintu Indonesia Dibuka Lebar Jokowi Bagi Warga Ukraina


“Perjanjian pembebasan visa yang diteken Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi merupakan bagian dari peningkatan hubungan antar kedua bangsa yang signifikan,” tutur Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin.

Sebelumnya, lanjutnya, bangsa Ukraina sejak Maret 2022 memperoleh status visa saat kedatangan (VOA) sehingga dengan adanya perjanjian ini seluruh pemilik visa Ukraina dibebaskan masuk ke wilayah Indonesia selama 30 hari tanpa visa.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin mendampingi secara langsung Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang tiba di Peron 1 Stasiun Central Kiev, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu, 29 Juni 2022

“Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana terlihat segar meski menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dan langsung mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

Pintu Indonesia Dibuka Lebar Jokowi Bagi Warga Ukraina


Selain Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin, turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana adalah Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kiev dan kemudian berkunjung ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)