Putin: Rusia Akan Merespons Jika NATO Kerahkan Pasukan ke Finlandia dan Swedia

Kamis, 30 Juni 2022 - 05:56 WIB
loading...
Putin: Rusia Akan Merespons Jika NATO Kerahkan Pasukan ke Finlandia dan Swedia
Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan merespons jika NATO kerahkan pasukan ke Finlandia dan Swedia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - Rusia akan merespons jika NATO mengerahkan pasukan dan infrastruktur di Finlandia dan Swedia setelah mereka bergabung dengan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin .

"Dengan Swedia dan Finlandia, kami tidak memiliki masalah yang kami miliki dengan Ukraina. Mereka ingin bergabung dengan NATO, silakan," kata Putin kepada televisi pemerintah Rusia setelah pembicaraan dengan para pemimpin regional di negara bagian Turkmenistan, bekas Uni Soviet di Asia Tengah.

"Tetapi mereka harus memahami bahwa tidak ada ancaman sebelumnya, sementara sekarang, jika kontingen militer dan infrastruktur dikerahkan di sana, kita harus merespons dengan baik dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah dari mana ancaman terhadap kita diciptakan,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Biden Umumkan Kehadiran Permanen Pasukan AS di Polandia

Putin mengatakan tidak dapat dihindari bahwa hubungan Moskow dengan Helsinki dan Stockholm akan memburuk karena keanggotaan NATO mereka.

"Semuanya baik-baik saja di antara kami, tetapi sekarang mungkin ada beberapa ketegangan, pasti akan ada," ujarnya.

"Itu tidak bisa dihindari jika ada ancaman bagi kita,” ia menambahkan.

Sebelumnya, NATO secara resmi telah menawarkan Finlandia dan Swedia untuk bergabung. Itu dilakukan setelah Turki mencabut keberatannya dan mengizinkan kedua negara Nordik itu menjadi anggota NATO.

Baca juga: Hadapi Ancaman Rusia, AS Tingkatkan Postur Kekuatan di Eropa

Kelompok tersebut secara kolektif memutuskan untuk menyetujui aplikasi negara-negara Nordik itu untuk bergabung setelah Turki mencabut keberatannya, membuka jalan bagi perluasan paling penting NATO dalam beberapa dasawarsa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1545 seconds (11.97#12.26)