Perketat Sanksi untuk Moskow, G7 Akan Larang Impor Emas Rusia

Minggu, 26 Juni 2022 - 22:50 WIB
loading...
Perketat Sanksi untuk Moskow, G7 Akan Larang Impor Emas Rusia
Perketat Sanksi untuk Moskow, G7 Akan Larang Impor Emas Rusia. FOTO/TASS
A A A
ELMAU CASTLE - Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Minggu (26/6/2022), kelompok negara-negara G7 akan melarang impor emas Rusia dengan tujuan memperketat sanksi terhadap Moskow dan melumpuhkan upaya perangnya di Ukraina.

"Bersama-sama, G7 akan mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia," kata Presiden Joe Biden di Twitter, seperti dikutip dari AFP.

Baca: Biden: G7 dan NATO Harus Tetap Bersama Melawan Invasi Rusia ke Ukraina

Langkah itu awalnya ditandai oleh Inggris, sebagai tindakan bersama yang diambil bersama dengan sesama anggota G7 Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat.

Namun, anggota G7 lainnya, yang mengadakan pertemuan puncak di Jerman, juga akan bergabung dengan pengungkapan resmi sanksi pada hari Selasa, kata seorang pejabat senior AS.

"Anda akan melihatnya pada hari Selasa. Ini akan menjadi prinsip G7 yang diartikulasikan," kata pejabat itu, yang berbicara kepada wartawan tanpa menyebut nama.

Baca: Kebal Sanksi Barat, G7 Siapkan Senjata Baru Gempur Rusia

Menurut pejabat G7, dengan ekonominya yang sudah berada di bawah tekanan besar dari sanksi Barat terhadap bank, perusahaan energi, maskapai penerbangan, barang-barang berteknologi tinggi dan konsumen, tersedaknya pasar emas akan memiliki dampak yang signifikan.

“Mengingat peran sentral London dalam perdagangan emas internasional, langkah ini akan memiliki jangkauan global, menutup komoditas dari pasar internasional formal," kata Inggris.

"Emas, setelah energi, adalah ekspor terbesar kedua untuk Rusia dan sumber pendapatan yang signifikan bagi (Presiden Vladimir) Putin dan Rusia," kata pejabat AS itu. Ia menambahkan bahwa pemblokiran sektor emas Moskow "akan semakin mengisolasi Rusia dari ekonomi dunia global".

Baca: Ukraina Tuding Rusia Lancarkan Serangan Udara dari Belarusia

Menurut Gedung Putih, Rusia menyumbang sekitar 5 persen dari semua ekspor emas pada tahun 2020 dan 90 persen dari produksi Rusia pergi ke negara-negara G7 - sebagian besar ke Inggris.

Upaya untuk menekan emas Rusia kemungkinan akan menjadi langkah ekonomi paling berarti terhadap Moskow yang diumumkan pada pertemuan tiga hari G7.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1958 seconds (11.210#12.26)