Sejumlah Wali Kota di Eropa Jadi Korban Penipuan Deepfake Vitali Klitschko

Minggu, 26 Juni 2022 - 11:01 WIB
loading...
Sejumlah Wali Kota di Eropa Jadi Korban Penipuan Deepfake Vitali Klitschko
Sejumlah Wali Kota di Eropa jadi korban penipuan deepfake Vitali Klitschko. Foto/The Guardian
A A A
BRUSSELS - Sejumlah Wali Kota beberapa Ibu Kota Eropa telah menjadi korban penipuan teknologi deepfake . Mereka ditipu untuk mengadakan panggilan video (video call) dengan rekan mereka di Kiev, Vitali Klitschko .

Walikota Berlin, Franziska Giffey, ambil bagian dalam panggilan terjadwal di platform konferensi video Webex pada hari Jumat dengan seseorang yang dia katakan tampak dan terdengar seperti Klitschko.

"Tidak ada tanda-tanda bahwa panggilan konferensi video bukan dilakukan orang orang sungguhan," kata kantornya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (26/6/2022).

Setelah sekitar 15 menit, ketika walikota Kiev yang seharusnya di ujung telepon mulai berbicara tentang masalah pengungsi Ukraina yang menipu negara Jerman, dan tampaknya menyerukan pengungsi untuk dibawa kembali ke Ukraina untuk dinas militer, Giffey menjadi curiga.



Ketika sambungan terputus sebentar, kantor Wali Kota Berlin menghubungi duta besar Ukraina untuk Jerman, yang mengkonfirmasi melalui pihak berwenang di Kiev bahwa orang yang melakukan panggilan video itu bukanlah Klitschko yang asli, lapor majalah berita Der Spiegel.

"Kami tampaknya berurusan dengan deepfake," kata kantor Giffey.

Deepfake adalah teknologi yang menggunakan bentuk kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) yang dapat menghasilkan gambar dan suara seseorang.

“Sungguh menyedihkan kenyataan bahwa perang sedang dilancarkan dengan segala macam cara, termasuk di internet, untuk merusak kepercayaan dengan cara digital dan mendiskreditkan mitra dan sekutu Ukraina,” ucap Giffey.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)