Rusia Klaim Berhasil Kuasai Severodonetsk

Minggu, 26 Juni 2022 - 07:38 WIB
loading...
Rusia Klaim Berhasil Kuasai Severodonetsk
Rusia mengumumkan kota Severodonetsk telah berhasil dikuasai. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - Kota besar Severodonetsk telah berada di bawah kendali penuh Republik Rakyat Lugansk. Demikian pernyataan juru bicara militer Rusia , Letnan Jenderal Igor Konashenkov, dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Dia mengatakan kota-kota Severodonetsk dan Borovskoye, bersama dengan pemukiman Voronovo dan Sirotino, telah "benar-benar dibebaskan" setelah operasi ofensif yang berhasil oleh pasukan republik, yang didukung oleh pasukan Rusia.

"Pengumuman hari ini berarti seluruh wilayah tepi kiri sungai Seversky Donets di dalam perbatasan Republik Rakyat Lugansk telah berada di bawah kendali penuhnya,” tambah juru bicara militer Rusia itu seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (26/6/2022).

Awal bulan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Severodonetsk sebagai “pusat konfrontasi di Donbass.”

“Dalam banyak hal, nasib Donbass kita ditentukan di sana,” katanya pada saat itu.



Pada hari Jumat, Sergey Gaidai, yang dianggap Ukraina sebagai kepala Wilayah Lugansk, mengumumkan bahwa pasukan negara itu telah diperintahkan untuk meninggalkan Severodonetsk. Sebelumnya, dia mengatakan bahwa 90% dari kota telah hancur.



Dengan perang di Ukraina melewati empat bulan pada hari Jumat, pasukan Rusia terus merebut wilayah di Donbass.

Awal bulan ini, seorang komandan tinggi Ukraina, Volodymyr Karpenko, mengungkapkan bahwa negaranya telah kehilangan hingga 50% dari stok senjata beratnya, termasuk 400 tank, sejak peluncuran serangan Rusia pada akhir Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)