Negosiator Israel Bertemu Mediator AS Bahas Sengketa Maritim dengan Lebanon

Minggu, 26 Juni 2022 - 04:30 WIB
loading...
Negosiator Israel Bertemu Mediator AS Bahas Sengketa Maritim dengan Lebanon
Presiden Lebanon Michel Aoun bertemu Utusan Khusus AS untuk Urusan Energi Amos Hochstein di Istana Kepresidenan di Baabda, Lebanon, 20 Oktober 2021. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Negosiator Israel bertemu seorang mediator Amerika Serikat (AS) dalam upaya menyelesaikan sengketa perbatasan laut dengan Lebanon.

Kementerian Energi Israel mengatakan hal itu pada Sabtu (25/6/2022).

"Tim mendengar kabar terbaru dari kunjungan mediator ke Lebanon dan para pihak membahas merumuskan arahan konstruktif untuk bergerak maju dengan negosiasi," papar kementerian itu.



Kementerian Energi Israel mengatakan akan mempertahankan kepentingan ekonomi dan keamanan Israel tetapi bermaksud "menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat".

Perselisihan antara Israel dan Lebanon mengenai batas laut mereka telah menghalangi eksplorasi energi di beberapa bagian Mediterania timur dan berisiko memperburuk ketegangan antara kedua musuh.



Awal bulan ini, Presiden Lebanon Michel Aoun bertemu utusan energi AS Amos Hochstein untuk bertukar proposal tandingan atas perbatasan laut yang disengketakan.

Perjalanan Hochstein datang atas undangan pemerintah Lebanon menyusul keberatannya atas kehadiran kapal Energean Power ke perairan yang disengketakan untuk mengembangkan ladang gas Karish untuk Israel pada 5 Juni.

Negosiator Israel Bertemu Mediator AS Bahas Sengketa Maritim dengan Lebanon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)