Rusia Tidak Akan Bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir

Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:20 WIB
loading...
Rusia Tidak Akan Bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir
Rusia Tidak Akan Bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Rusia tidak akan bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW). Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Jumat (24/6/2022).

Dia membuat komentar ini setelah selesainya konferensi pertama negara-negara peserta Perjanjian tentang Larangan Senjata Nuklir. Menurutnya, kemajuan tegas dari perjanjian itu memperdalam perpecahan antar negara dan melemahkan rezim Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir.



“Sehubungan dengan keinginan untuk menempatkan secara permanen upaya universalisasi TPNW, sebagaimana dicatat dalam dokumen akhir konferensi, kami menekankan: Rusia tidak bermaksud untuk bergabung dengan perjanjian ini dan percaya bahwa perjanjian itu tidak menetapkan perjanjian universal apa pun. Tidak sekarang atau di masa depan," kata Zakharova, seperti dikutip dari TASS.

Menurut Zakharova, Moskow terus berpegang teguh pada pendirian bahwa pengembangan TPNW terlalu dini, keliru dan, pada kenyataannya, kontraproduktif.

“Perjanjian ini tidak melakukan apa pun untuk mengurangi risiko nuklir yang berkembang dan tidak membawa umat manusia selangkah lebih dekat ke tujuan yang dinyatakan di dalamnya, dan pendekatan yang ditetapkan dalam TPNW hanya mengarah pada peningkatan kontradiksi antara negara-negara nuklir dan non-nuklir,” tegasnya.



Ia juga menyatakan, Rusia tidak memperhitungkan situasi militer-politik dan militer-strategis dan bertentangan dengan prinsip bahwa perlucutan senjata nuklir harus dilakukan sedemikian rupa sehingga akan mengarah pada “peningkatan tingkat keamanan untuk semua.”

“Kami tidak melihat cara yang realistis untuk menerapkan - atau tindakan praktis untuk secara langsung mengurangi senjata nuklir," lanjut diplomat itu.

"Rusia, seperti semua negara lain dengan potensi nuklir militer, tidak mengambil bagian dalam konferensi negara-negara peserta TPNW dan tidak berniat untuk melakukannya di masa depan. Kami juga tidak berencana untuk membangun kerja sama dengan struktur tambahan yang dibuat. sebagai bagian dari interaksi peserta TPNW untuk melaksanakannya,” ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)