Zelensky Ingin Pecat Bos Mata-mata Ukraina sekaligus Teman Masa Kecilnya

Sabtu, 25 Juni 2022 - 06:30 WIB
loading...
Zelensky Ingin Pecat Bos Mata-mata Ukraina sekaligus Teman Masa Kecilnya
Kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU) Ivan Bakanov. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan memiliki rencana memecat teman masa kecilnya, Ivan Bakanov, dari perannya sebagai kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU).

Rencana itu diungkapkan dalam laporan yang diterbitkan pada Kamis (23/6/2022) oleh Politico, mengutip empat pejabat Kiev.

Bakanov telah berada di sisi Zelensky sejak sekolah menengah dan menjabat sebagai manajernya selama hari-hari awalnya sebagai komedian.



"Kami tidak puas dengan manajerialnya, Anda tahu, (keterampilan) karena sekarang Anda membutuhkan ... keterampilan manajemen anti-krisis seperti yang kami pikir tidak dia miliki," ungkap pejabat anonim itu.

Menurut sumber itu, ada orang di Kiev yang dilaporkan menyalahkan Bakanov karena gagal menanggapi serangan militer Rusia pada 24 Februari.

Sebagai salah satu orang kepercayaan dan mitra bisnis Zelensky yang paling tepercaya, Bakanov secara pribadi ditunjuk pemimpin Ukraina pada 2019 setelah Zelensky menjabat.

Dia awalnya menjabat sebagai Wakil Kepala Pertama badan tersebut, yang bertanggung jawab memimpin departemen anti-korupsi sebelum menjadi kepala seluruh organisasi pada akhir tahun itu.

Namun, sejak awal masa jabatannya di SBU, Bakanov telah menghadapi kritik tajam dari partai-partai oposisi Ukraina yang bersikeras bahwa latar belakang Bakanov dalam bisnis pertunjukan tidak cocok untuk kepala badan pengumpulan-intelijen negara tersebut.

Rusia menyerang negara tetangga pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina mengimplementasikan ketentuan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskow atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)