AS akan Kirim Robot Anjing Pembersih Ranjau ke Ukraina

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Situasi ini mengakibatkan tenaga kerja yang sangat terkuras untuk dilatih dalam pembersihan ranjau.

Robot tersebut dapat digunakan untuk mengeluarkan bom klaster yang tidak meledak, yang menyemprot secara acak saat mengenai tanah.

Bom yang tidak meledak sangat berbahaya bagi anak-anak, yang cenderung mengambilnya karena penasaran.

Platform seluler kemungkinan juga akan digunakan untuk membersihkan ranjau anti-personil POM-3 Rusia, yang dipicu secara seismik dari jarak 21 meter.

Diperkirakan 300.000 meter persegi wilayah Ukraina perlu dibersihkan dari ranjau pada 20 Mei, menurut Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina Meri Akopian.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina memperkirakan tugas itu bisa memakan waktu lima hingga sepuluh tahun.

Upaya ini sangat menantang karena diperkirakan 2,8 juta orang telah menyeberang kembali ke Ukraina sejak perang dimulai.

Mereka berisiko menginjak ranjau atau jebakan yang tersembunyi di antara puing-puing rumah mereka.

“Ranjau anti-personil dan anti-kendaraan, serta amunisi lain yang tidak meledak atau ditinggalkan di Ukraina, mengancam nyawa jutaan orang,” papar Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Mereka akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk disingkirkan, menghambat upaya rekonstruksi dan membuatnya tidak aman bagi orang-orang untuk kembali ke kehidupan sehari-hari mereka sebelumnya,” ungkap Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0886 seconds (0.1#10.140)