Taliban: Wanita Muslim Tak Pakai Jilbab Terlihat seperti Binatang

Jum'at, 17 Juni 2022 - 20:12 WIB
loading...
Taliban: Wanita Muslim Tak Pakai Jilbab Terlihat seperti Binatang
Taliban menganggap wanita Muslim yang tidak mengenakan jilbab penutup seluruh tubuh berarti berusaha terlihat seperti binatang. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Otoritas Taliban yang berkuasa di Afghanistan menganggap wanita Muslimtanpa jilbab Islami yang menutupi seluruh tubuh berarti berusaha terlihat seperti binatang.

Anggapan itu disebar melalui poster-poster yang dipasang polisi agama Taliban di kota Kandahar.

Sejak merebut kekuasaan pada Agustus lalu, Taliban telah memberlakukan pembatasan keras terhadap perempuan Afghanistan, membalikkan keuntungan marjinal yang mereka buat selama dua dekade sejak Amerika Serikat menginvasi negara itu dan menggulingkan rezim kelompok itu sebelumnya.

Pada bulan Mei, pemimpin tertinggi negara itu yang juga kepala Taliban; Hibatullah Akhundzada, menyetujui sebuah dekrit yang mengatakan bahwa wanita umumnya harus tinggal di rumah.



Mereka diperintahkan untuk menutupi diri mereka sepenuhnya, termasuk wajah mereka, jika mereka harus keluar di depan umum.

Minggu ini, Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan yang menegakkan interpretasi ketat kelompok Taliban terhadap Islam, memasang poster di seluruh kota Kandahar yang menunjukkan gambar burqa, sejenis pakaian yang menutupi tubuh wanita dari kepala hingga kaki.

“Wanita Muslim yang tidak mengenakan jilbab berusaha terlihat seperti binatang," bunyi poster-poster tersebut, yang telah ditempel di banyak kafe dan toko serta di papan iklan di Kandahar–pusat kekuatan de facto Taliban.

"Mengenakan pakaian pendek, ketat dan transparan juga bertentangan dengan keputusan Akhundzada," bunyi poster lainnya.

Juru bicara Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan di Ibu Kota Afghanistan; Kabul, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Namun seorang pejabat tinggi setempat membenarkan bahwa poster-poster itu dipasang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)