Inilah 5 Negara dengan Pengungsi Terbanyak

Jum'at, 17 Juni 2022 - 00:01 WIB
loading...
Inilah 5 Negara dengan Pengungsi Terbanyak
Lima negara dengan pengungsi terbanyak. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Negara pengungsi terbanyak ini telah didata oleh UNHCR yang merupakan badan basis data dan informasi tentang populasi yang dipindahkan secara paksa. Adanya pengungsi ini bisa disebabkan oleh perang, konflik maupun bencana alam.

Melansir dari laman resmi UNHCR, terdapat beberapa pengungsi yang diklasifikasikan berdasar usia terutama untuk anak anak dan balita. Pengungsi yang ada di dunia ini memiliki jumlah anak anak sebesar 36,5 juta, dan 1,5 juta lahir di tempat pengungsian.

Ada pula pengungsi yang dikembalikan ke negara asalnya sebesar 486.800 orang sementara untuk negara yang menampung pengungsi didominasi oleh negara negara berkembang sebesar 83% dan negara terdekat dari wilayah para pengungsi sebesar 72 %.

Inilah 5 Negara dengan Pengungsi Terbanyak :

1. Turki

Negara dengan pengungsi terbanyak yaitu sejumlah 3,8 juta pengungsi. Jatuh pada Turki adalah tuan rumah bagi populasi pengungsi terbesar di dunia, karena merupakan rumah bagi warga Suriah yang satu dekade lalu mulai melarikan diri dari kekerasan negara mereka.

Untuk membendung arus pengungsi ke Eropa, UE mencapai kesepakatan dengan pejabat Turki pada 2016 untuk menampung sejumlah besar pengungsi dengan imbalan miliaran euro untuk mendanai program pengungsi.



2. Kolombia

Sebanyak 1,8 juta pengungsi. Dalam beberapa tahun terakhir Venezuela telah menghasilkan perpindahan orang terbesar kedua di dunia, hanya di belakang Suriah.

Hampir sepertiga pengungsi Venezuela telah mengalir ke negara tetangga Kolombia, di mana para pejabat mengumumkan pada awal tahun 2021 sebuah program yang akan mendaftarkan para pengungsi sebagai langkah untuk memberikan akses ke perawatan kesehatan dan peluang kerja hukum.

3. Uganda

Sebanyak 1,5 juta pengungsi. Dimulai pada tahun 1940-an, Uganda memulai sejarah panjang penerimaan pengungsi yang berlanjut hingga hari ini.

Mayoritas pengungsi di negara Afrika Timur itu berasal dari Sudan Selatan, Burundi, Rwanda, Somalia, dan Republik Demokratik Kongo. Pemerintah pada Agustus menyetujui permintaan AS untuk menerima 2.000 pengungsi Afghanistan.



4. Pakistan

Sebanyak 1,5 juta pengungsi. Sebagian besar pengungsi di Pakistan adalah warga Afghanistan yang melarikan diri dari pemerintahan Taliban sebelumnya, membuat Pakistan menjadi tuan rumah salah satu krisis pengungsi terlama di dunia. Sebagai rumah bagi sekitar 1 juta pengungsi Afghanistan yang tidak terdaftar.

5. Jerman

Sebanyak 1,3 juta pengungsi. Pada 2015, Jerman berada di garis depan negara-negara yang menerima pengungsi dari Afghanistan, Irak, dan Suriah.

Karena pandemi COVID-19 yang memaksa negara-negara untuk memberlakukan penguncian, populasi pengungsi Jerman secara keseluruhan pada tahun 2020 menurun untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun.

Itulah 5 negara dengan pengungsi terbanyak. Tentunya hal ini merupakan solidaritas antar negara untuk menumbuhkan nilai kemanusiaan.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)