5 Negara yang Menjadi Tujuan Pengungsi Ukraina Akibat Invasi Rusia

Sabtu, 23 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
5 Negara yang Menjadi Tujuan Pengungsi Ukraina Akibat Invasi Rusia
Jutaan warga Ukraina, mayoritas wanita dan anak-anak melarikan diri dari negaranya akibat invasi Rusia. Foto/SCMP
A A A
LUTFAN FAIZI - Jutaan warga Ukraina tercatat telah melarikan diri dari negaranya dan mengungsi ke negara lain. Menurut situs UNHCR, per 21 April 2022 ini tercatat sekitar 5.133.747 warga yang telah mengungsi ke berbagai negara.

Dalam hal ini, Rusia sepertinya belum memiliki niatan untuk menghentikan konfliknya dengan Ukraina. Dunia Internasional pun turut memberikan simpatinya kepada warga sipil Ukraina dengan memberikan bantuan dan serta mempersilahkan warga negara Ukraina untuk mengungsi ke negaranya.

Lantas, negara mana sajakah yang menjadi tujuan pengungsi Ukraina?. Dilansir situs Stacker, berikut ulasannya.



1. Polandia

Polandia tercatat sebagai negara yang paling banyak menjadi tujuan pengungsi Ukraina. Dalam hal ini, pemerintah Polandia telah mengeluarkan undang-undang untuk membantu para pengungsi masuk secara besar-besaran, termasuk juga memberikan akses tinggal legal di Polandia selama 18 bulan tanpa visa.

Selain itu, anak-anak pengungsi Ukraina juga mendapat izin untuk berintegrasi ke sekolah-sekolah di Polandia. Kemudian untuk para pengungsi dewasa, mereka juga mendapat izin untuk bekerja di negara tersebut. Pengungsi juga memiliki akses ke sistem perawatan kesehatan karena banyak dari mereka yang berstatus ibu tunggal dan anak-anak.

Per 21 April 2022, tercatat sekitar 2.867.241 warga negara Ukraina yang mengungsi ke Polandia.

2. Rumania

Sejak invasi Rusia, banyak warga negara Ukraina yang mengungsi ke Rumania. Sebagian besar pengungsi terkonsentrasi di ibukota Bucharest. Sebagai bentuk bantuan, pemerintah Rumania telah menyediakan tempat penampungan bagi pengungsi, salah satunya adalah mengubah bagian dari pusat eksposisi besar Romexpo menjadi tempat pengungsian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)