Paus Fransiskus: Perang Dunia III Telah Dideklarasikan

Rabu, 15 Juni 2022 - 03:22 WIB
loading...
Paus Fransiskus: Perang Dunia III Telah Dideklarasikan
Paus Fransiskus menduga Perang Dunia III telah diumumkan. Foto/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus telah menduga bahwa Perang Dunia III sudah berlangsung, sebagaimana dibuktikan oleh “elemen saling terkait” yang bekerja dalam krisis Rusia-Ukraina dan konflik lainnya di seluruh dunia.

“Beberapa tahun yang lalu, terpikir oleh saya untuk mengatakan bahwa kita mengalami perang dunia ketiga yang diperjuangkan sedikit demi sedikit,” kata kepala Gereja Katolik itu dalam wawancara 19 Mei dengan outlet media Jesuit yang diterbitkan pada hari Selasa.

“Hari ini, bagi saya, Perang Dunia III telah diumumkan,” imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (15/6/2022).

Paus Fransiskus mencatat bahwa sementara pertempuran di Ukraina “lebih menusuk kepekaan kita,” perang juga sedang berlangsung di tempat-tempat seperti Nigeria utara dan Myanmar, dan tidak ada yang peduli.

“Dunia sedang berperang. Ini adalah sesuatu yang seharusnya memberi kita jeda untuk berpikir,” ia menambahkan.

"Apa yang terjadi pada umat manusia yang telah mengalami tiga perang dunia dalam satu abad? Anda harus berpikir bahwa dalam satu abad telah terjadi tiga perang dunia, dengan semua perdagangan senjata di belakangnya," ujarnya.

Mengakui kritik atas kegagalannya untuk mengutuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan komentar masa lalunya yang menunjukkan bahwa ekspansi NATO ke ambang pintu Rusia mungkin telah memprovokasi krisis, Paus membantah "pro-Putin." Dia mengatakan klaim seperti itu akan “sederhana dan keliru.”

"Saya hanya menentang mengubah situasi kompleks menjadi perbedaan antara orang baik dan orang jahat, tanpa mempertimbangkan akar dan kepentingan pribadi, yang sangat kompleks," katanya.

“Sementara kita menyaksikan keganasan dan kekejaman pasukan Rusia, kita tidak boleh melupakan masalah dan berusaha menyelesaikannya,” sambungnya.

Baca juga: Bantah Dukung Putin, Paus Fransiskus Kecam Keganasan dan Kekejaman Rusia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3860 seconds (11.97#12.26)