Pemimpin Kelompok Muslim India Imbau Pengikutnya Hindari Aksi Protes

Selasa, 14 Juni 2022 - 04:00 WIB
loading...
Pemimpin Kelompok Muslim India Imbau Pengikutnya Hindari Aksi Protes
Pemimpin Kelompok Muslim India Imbau Pengikutnya Hindari Aksi Protes. FOTO/Reuters
A A A
MUMBAI - Pemimpin kelompok Islam terkemuka di India pada Senin (13/6/2022) mengimbau sesama Muslim untuk menunda rencana protes terhadap pernyataan menghina tentang Nabi Muhammad SAW yang dibuat oleh dua anggota partai nasionalis Hindu yang berkuasa.

Pesan untuk menghindari pertemuan besar diedarkan setelah demonstrasi berubah menjadi kekerasan minggu lalu, yang menyebabkan kematian dua remaja Muslim dan melukai lebih dari 30 orang, termasuk polisi.



“Adalah kewajiban setiap Muslim untuk berdiri bersama ketika ada yang meremehkan Islam. Tetapi pada saat yang sama penting untuk menjaga perdamaian,” kata Malik Aslam, anggota senior Jamaat-e-Islami Hind, sebuah organisasi Muslim yang beroperasi di beberapa negara bagian India, seperti dikutip dari Reuters.

Awal bulan ini, dua anggota senior Partai Bharatiya Janata Party (BJP) pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi membuat pernyataan yang menyinggung umat Islam. Seorang juru bicara partai membuat komentar yang menyinggung dalam debat televisi dan juru bicara partai di media sosial.

Partai tersebut menangguhkan keduanya dan mengatakan bahwa mereka mengecam penghinaan terhadap agama apa pun, dan polisi juga telah mengajukan kasus terhadap keduanya. Tetapi, langkah itu tidak menghentikan kemarahan umat Islam India yang memutuskan turun ke jalan sebagai sikap protes.



Polisi menangkap setidaknya 400 tersangka perusuh selama kerusuhan di beberapa negara bagian dan jam malam diberlakukan dan layanan Internet dihentikan di beberapa tempat. Banyak Muslim di India telah mempertanyakan tempat mereka dalam masyarakat sejak Modi berkuasa pada tahun 2014.

Kritikus mengatakan, BJP-nya telah mengejar garis konfrontatif, mempromosikan gagasan bahwa India adalah negara Hindu dan dibulatkan pada lawan "anti-nasional", yang dilihat banyak Muslim sebagai upaya untuk meminggirkan mereka, sebuah komunitas yang membentuk 13 persen dari miliaran India. ditambah populasi.

Sementara itu, pihak berwenang di negara bagian utara Uttar Pradesh pada akhir pekan lalu menghancurkan rumah seorang pria Muslim yang terkait dengan kerusuhan tersebut. Pembongkaran ini menuai kecaman dari pemerintah negara bagian, yang dipimpin oleh BJP, dari para ahli konstitusi dan kelompok hak asasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)