Putri Cantik Thaksin Shinawatra Jadi Bintang Baru Politik Thailand

Senin, 13 Juni 2022 - 10:15 WIB
loading...
Putri Cantik Thaksin Shinawatra Jadi Bintang Baru Politik Thailand
Paetongtarn Shinawatra (kanan), putri cantik mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra yang jadi bintan baru politik Thailand. Foto/Twitter @BangkokPostNews
A A A
BANGKOK - Perempuan cantik ini bernama Paetongtarn Shinawatra. Dia adalah putri bungsu mantan perdana menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra.

Paetongtarn memiliki setengah juta pengikut di Instagram, menjalani gaya hidup glamor dan menggambarkan dirinya sebagai “gadis kecil” Thaksin Shinawatra—salah satu tokoh paling berpengaruh dan kontroversial dalam sejarah Thailand modern.

Paetongtarn sekarang meluncurkan dirinya ke dalam kancah politik yang sangat terpecah di negara itu menjelang pemilu nasional yang dijadwalkan pada Maret 2023.

Langkah ini membawa pengaruh Shinawatra ke generasi baru dan menyiapkan panggung untuk babak terbaru dalam pergumulan 20 tahun klan ultra-kaya dengan elite royalist-militer Kerajaan Thailand.

Baca juga: Rencana Thailand Beli 8 Jet Tempur Siluman F-35 AS dalam Bahaya

Untuk saat ini, Paetongtarn memiliki peran rendah dengan partai oposisi utama; Pheu Thai. Namun, dia secara luas diperkirakan akan ditunjuk sebagai calon perdana menteri ketika pemilu diadakan.

Thaksin Shinawatra (72) yang digulingkan sebagai PM dalam kudeta militer pada tahun 2006, muncul secara teratur dalam posting media sosial Paetongtarn, memeluk bayinya atau berpose bersama putrinya dengan semangkuk mie.

Paetongtarn mengatakan dia mendapat kekuatan dari dukungan tak tergoyahkan ayahnya dan bersikeras dia akan selalu menjadi "gadis kecil"-nya.

Ini adalah sentimen yang membuatnya disayangi oleh banyak pendukung, banyak dari mereka miskin dan tinggal di pedesaan, yang membawa Thaksin meraih kemenangan pemilu pada 2001 dan 2005.

"Kami membutuhkanmu. Kami merindukan ayahmu,” kata seorang simpatisan saat berkampanye untuk pemilu lokal Bangkok bulan lalu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2349 seconds (10.101#12.26)