Ukraina akan Terima Senjata Berat Jerman pada Tanggal Bersejarah

Minggu, 12 Juni 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Berlin telah memasok senjata ke Kiev hampir sejak dimulainya operasi militer Rusia pada akhir Februari.

Namun, semua pengiriman sejauh ini hanya melibatkan senjata ringan, rudal anti-tank dan anti-udara portabel, serta amunisi dan bahan bakar.

Kebijakan pemerintah Jerman dalam hal ini telah banyak dikritik Kiev, beberapa negara Uni Eropa dan bahkan mitra koalisi Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Melnyk sendiri tidak berbasa-basi saat mengkritik pemerintah Jerman dan bahkan menyebut Scholz sebagai "hati yang tersinggung" atas penolakannya berkunjung ke Kiev setelah pihak berwenang Ukraina menghina Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier pada pertengahan April.

Pada Jumat, duta besar Ukraina sekali lagi menuduh pemerintah Jerman menunda pengiriman senjata berat.

Duta besar dan menyatakan Kiev telah memiliki perjanjian dengan produsen senjata Jerman yang telah menunggu persetujuan pemerintah selama berminggu-minggu.

Rusia menyerang Ukraina pada akhir Februari, menyusul kegagalan Kiev mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskow atas republik Donbass, Donetsk dan Lugansk.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS.

Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan telah membantah klaim pihaknya berencana merebut kembali kedua republik dengan paksa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)