Negara yang Pernah Menjadi Bagian Kekaisaran Turki Utsmani

Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Akhir kekuasaan Dinasti Turki Utsmani di Hungaria ditandai dengan Utsmaniyah yang secara resmi menyerahkan sebagian besar wilayah mereka di Kerajaan Hungaria kepada Monarki Habsburg melalui Perjanjian Karlowitz pada tahun 1699.

Bukti pemerintahan Utsmaniyah yang pernah berkuasa di wilayah Hungaria selama 150 tahun dapat dilihat dari segi budaya, bahasa, dan arsitektur Hungaria.

Beberapa kata pinjaman Turki yang berasal dari periode ini digunakan dalam bahasa Hungaria modern, seperti dohany (tembakau), kave (kopi) dan kefe (sikat).

Bangunan dan struktur utama Utsmaniyah yang masih berdiri di Hungaria adalah Masjid Pasha Qasim di Pecs, menara di Eger, dan makam penyair darwis Gul Baba serta pemandian Kiraly dan Rudas di Budapest.

3. Mesir

Sejarah Dinasti Utsmaniyah di Mesir berkaitan dengan proses di mana Dinasti Mamluk yang ditaklukan oleh Dinasti Utsmaniyah menegaskan kembali kekuasaan mereka di negara Mesir.

Pada masa pemerintahan Dinasti Utsmaniyah, Mesir digunakan sebagai sumber pajak untuk kepentingan kekaisaran dan basis ekspansi asing.

Walaupun kebijakan ini diarahkan untuk kebutuhan kekaisaran, bukan untuk kebutuhan Mesir, namun hal tersebut tetap menguntungkan para penguasa di sana, yang merupakan bagian juga dari elite Dinasti Mamluk.

Oleh karena itu, kebijakan ini akhirnya melemahkan pemerintahan Utsmaniyah di Turki, karena walaupun para penguasa itu bekerja sama dengan pemerintahan Utsmaniyah, mereka pada akhirnya menentang dan mendominasi Mesir kembali.

4. Albania
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)