Virus Cacar Monyet Semakin Menyebar, Yunani Konfirmasi Kasus Pertama

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:19 WIB
loading...
Virus Cacar Monyet Semakin Menyebar, Yunani Konfirmasi Kasus Pertama
Yunani jadi negara terbaru yang mengkonfirmasi kasus pertama cacar monyet atau monkeypox. Foto/Ilustrasi
A A A
ATHENA - Otoritas kesehatan Yunani pada Rabu kemarin mengkonfirmasi kasus cacar monyet pertama di negara itu.

Menurut Organisasi Kesehatan Masyarakat (EODY), seorang pria yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Portugal pada pemeriksaan pertama dites positif terkena virus setelah mencari perawatan medis karena memiliki gejala yang mirip dengan cacar monyet.

Pria itu dirawat di Rumah Sakit Andreas Syngros di Athena karena hasil tes lebih lanjut sedang ditunggu.

Pengujian awal untuk Orthopoxvirus non-variola yang dilakukan pada pria tersebut menghasilkan hasil tes yang positif. Hasil tes ini sedang diperiksa lebih lanjut oleh Laboratorium Mikrobiologi di Universitas Aristoteles Thessaloniki sementara pasien saat ini dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil seperti dikutip dari Greek Reporter, Kamis (9/6/2022).



Pada 7 Juni, 577 kasus cacar monyet telah diidentifikasi di delapan belas negara Eropa sementara 437 telah dikonfirmasi di sepuluh negara di luar Eropa. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa ada lebih dari seribu kasus yang dikonfirmasi di 29 negara sejauh ini.

Menurut bukti hingga saat ini, risiko kesehatan cacar monyet pada populasi umum tetap relatif rendah, karena penyakit ini bersifat ringan dan mandiri. Selain itu, penyakit ini tidak terlalu menular, dan tingkat infeksi yang lebih tinggi telah diidentifikasi di antara individu yang berpartisipasi dalam aktivitas seksual sesama jenis.

Meskipun demikian, menurut WHO, risiko cacar monyet berkembang menjadi epidemi tetap ada.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, memperingatkan bahwa meskipun dapat dicegah, kemungkinan epidemi cacar monyet di 29 negara tersebut memang ada. Dia juga mengungkapkan bahwa ada lebih dari 1.400 kasus cacar monyet yang dilaporkan di Afrika, serta 66 kematian yang diakibatkannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)