Pria Bersenjata Ditangkap Dekat Rumah Hakim Agung AS

Kamis, 09 Juni 2022 - 04:30 WIB
loading...
A A A
Jika rancangan pendapat Alito berjalan dengan dukungan dari mayoritas hakim, kemungkinan akan memungkinkan banyak negara untuk segera menerapkan larangan penuh atau hampir penuh pada prosedur tersebut.

Prospek ini telah memicu kemarahan dan kekecewaan di antara para pendukung hak aborsi, dan menyebabkan protes di rumah Kavanaugh, Alito dan Ketua Hakim John Roberts.

Setelah kebocoran dan protes, keamanan ditingkatkan untuk hakim dan penghalang dinaikkan di sekitar pengadilan itu sendiri untuk mencegah pengunjuk rasa mendekati gedung.

"Ancaman kekerasan dan kekerasan nyata terhadap hakim tentu saja menyerang jantung demokrasi kita," kata Jaksa Agung Merrick Garland.

"Untuk alasan itu bulan lalu, saya mempercepat perlindungan semua kediaman hakim, 24/7," imbuhnya.



Kavanaugh adalah salah satu dari enam hakim di sayap konservatif pengadilan, melawan tiga progresif, tetapi ia tidak dipandang sebagai garis keras seperti Alito atau beberapa orang lain.

Pria Katolik dari Washington, pencalonannya pada 2018 ke Mahkamah Agung AS memicu perdebatan sengit mengenai pandangannya terhadap perempuan dan hak aborsi.

Konfirmasinya memberi kaum konservatif mayoritas 5-4 di Mahkamah Agung AS, yang tumbuh lebih jauh ketika Hakim Katolik yang anti-aborsi Amy Coney Barrett bergabung pada Oktober 2020.

Kebocoran draf opini Alito memicu spekulasi bahwa seseorang berharap untuk mendorong pengadilan ke satu arah atau lainnya dalam keputusan terakhirnya tentang kasus aborsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)