2 Negara Hendak Gabung, NATO Komentari Jaminan Senjata Nuklir untuk Rusia

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:13 WIB
loading...
2 Negara Hendak Gabung, NATO Komentari Jaminan Senjata Nuklir untuk Rusia
Wakil Sekretaris Jenderal NATO Camille Grand. Foto/icds.ee
A A A
BRUSSELS - NATO tidak berniat memberi Rusia jaminan keamanan apa pun soal penyebaran senjata nuklir di wilayah dua calon anggota terbarunya, Finlandia dan Swedia.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal NATO Camille Grand.

“Setiap negara bebas di bidang nuklir untuk menyebarkan atau tidak menggunakan senjata semacam itu. Kami tidak berbicara tentang pengaturan beberapa pembatasan prinsip pada kemungkinan tindakan aliansi,” ungkap pejabat NATO itu kepada penyiar Swiss RTS dalam wawancara yang diterbitkan pada Selasa (7/6/2022).



“Setiap negara anggota NATO memutuskan masalah ini secara berdaulat. Dan sekarang tidak ada pertanyaan seperti itu. Tetapi saya tidak berpikir bahwa dalam situasi saat ini, Rusia perlu memberikan jaminan apa pun mengenai postur militer kami di wilayah tersebut,” papar dia.



Negara-negara yang dulu netral, Finlandia dan Swedia telah bergegas bergabung dengan NATO di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.



Rusia menyerang negara tetangganya pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina mengimplementasikan ketentuan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskow atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.

Protokol yang diperantarai Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada daerah-daerah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0808 seconds (0.1#10.140)