Negara yang Menganut Ideologi Komunis, Nomor 1 Pengaruhnya Mendunia

Rabu, 08 Juni 2022 - 07:14 WIB
loading...
A A A
Setelah Korea Selatan mendeklarasikan diri merdeka dari Korea Utara, pemimpin komunis Korea Kim Il-Sung dilantik sebagai pemimpin baru Korea Utara.

Pemerintah Korea Utara tidak menganggap negaranya sebagai komunis, walaupun di mata dunia dikenal sebagai negara komunis.

Hal ini karena setelah Uni Soviet runtuh, Korea Utara melakukan revisi pada konstitusinya dan menghapus referensi Marxisme-Leninisme.

Kemudian, keluarga Kim juga telah menganut paham komunisnya sendiri berdasarkan konsep Juche atau kemandirian.

Diperkenalkan pada pertengahan 1950-an, konsep juche mempromosikan nasionalisme Korea seperti yang diwujudkan dalam kepemimpinan dan pengabdian, misalnya pemujaan kepada keluarga Kim.

4. Laos

Laos secara resmi menyatakan diri sebagai negara komunis pada tahun 1975 dengan dukungan dari Vietnam dan Uni Soviet. Sebelumnya, negara ini menganut sistem monarki.

Pemerintah Laos sebagian besar dijalankan oleh jenderal militer yang mendukung sistem satu partai yang didasarkan pada cita-cita Marxis.

Pada tahun 1988, negara tersebut mulai mengizinkan beberapa bentuk kepemilikan pribadi. Laos kemudian bergabung dengan World Trade Organization pada tahun 2013.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)