China pada Australia: Bertindak Hati-hati atau Hadapi Konsekuensi Serius

Senin, 06 Juni 2022 - 23:40 WIB
loading...
China pada Australia: Bertindak Hati-hati atau Hadapi Konsekuensi Serius
China pada Australia: Bertindak Hati-hati atau Hadapi Konsekuensi Serius. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China memperingatkan Australia untuk "bertindak hati-hati" atau menghadapi "konsekuensi serius" setelah Canberra menuduh jet tempur China mencegat salah satu pesawat mata-mata Australia di atas Laut China Selatan .

Australia berargumen bahwa tidak biasa untuk melakukan penerbangan pengawasan di Laut Cina Selatan - sebuah wilayah yang Beijing tegaskan berada di bawah domainnya, meskipun keputusan Den Haag 2016 menolak klaim China itu.



Seperti dilaporkan AFP, Beijing menyatakan pada Senin (6/6/2022), bahwa mereka tidak akan pernah membiarkan negara mana pun melanggar kedaulatan dan keamanan China dengan dalih kebebasan navigasi.

"China sekali lagi mendesak Australia untuk sungguh-sungguh menghormati kepentingan keamanan nasional dan kepentingan inti China, bertindak dan berbicara dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya salah perhitungan yang mengakibatkan konsekuensi serius," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Menurut Zhao, militer China selalu melakukan operasi dengan cara yang "aman, standar dan profesional" sesuai dengan hukum internasional. Meski demikian, sikap China telah meningkatkan ketegangan dengan Amerika Serikat dan sekutunya, yang menuntut kebebasan navigasi di wilayah tersebut.



Sebelumnya, Menteri Pertahanan Australia Richard Marles mengatakan pada hari Minggu (5/6/2022), bahwa sebuah pesawat tempur J-16 China mencegat sebuah pesawat pengintai P-8 milik Australia pada akhir bulan lalu, dalam sebuah manuver "berbahaya" yang membahayakan keselamatan awak Angkatan Pertahanan Australia.

Insiden itu terjadi tiga bulan setelah Australia menuduh militer China menyorotkan laser tingkat militer ke salah satu pesawat pertahanan Canberra di atas perairan utara Australia, yang oleh pemerintah sebelumnya disebut sebagai "tindakan intimidasi".



Pekan lalu, Kanada juga menuduh pilot China hampir menyebabkan tabrakan di udara selama pertemuan baru-baru ini di wilayah udara internasional, ketika Kanada mengambil bagian dalam upaya untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Kementerian pertahanan China membalas pada hari Senin bahwa pilotnya mengambil "langkah-langkah yang wajar, kuat, aman dan profesional" dalam menanggapi "perilaku provokatif" oleh militer Kanada.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)