India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir

Selasa, 07 Juni 2022 - 19:16 WIB
loading...
India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir
India sukses lakukan uji coba rudal balistik berkemampuan nuklir, Agni-4. Foto/Indian Express
A A A
NEW DELHI - India telah berhasil menguji coba rudal balistik berkemampuan nuklirnya Agni-4. Senjata yang dikembangkan secara lokal itu dikatakan mampu menyerang target ribuan mil jauhnya.

Dilakukan dari Pulau Abdul Kalam di negara bagian Odisha pada hari Senin, Kementerian Pertahanan India menyatakan uji coba itu sebagai peluncuran “rutin”. Uji coba rudal itu tidak menemui masalah besar dan dianggap sukses.

“Uji coba yang berhasil adalah bagian dari peluncuran pelatihan pengguna rutin yang dilakukan di bawah naungan Komando Pasukan Strategis,” kata Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (7/6/2022).



Kementerian Pertahanan India menambahkan bahwa peluncuran tersebut membuktikan keandalan sistem dan menegaskan kembali Kemampuan Pencegahan Minimum yang Dapat Dipercaya di New Delhi.

Iterasi keempat dari senjata yang dibuat oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO), Agni-4 (atau "Fire-4") adalah rudal jarak menengah yang dikatakan mampu mencapai target hingga 4.000 kilometer dan membawa muatan 1.000 kilogram.

India sebelumnya juga telah melakukan sejumlah uji coba untuk Agni-5, rudal balistik antarbenua (ICBM) dengan jangkauan yang lebih jauh, dengan uji coba terbaru dilakukan akhir tahun lalu.



Salah satu dari segelintir negara yang memiliki triad nuklirnya sendiri – atau senjata nuklir yang ditembakkan dari darat, laut dan udara – India terakhir kali menguji Agni-4 pada tahun 2018, sementara peluncuran untuk Agni Prime yang lebih baru dan lebih pendek dilakukan pada akhir tahun 2021 lalu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)