Disalahkan Atas Krisis Pangan Global, Dubes Rusia WO dari Rapat PBB

Selasa, 07 Juni 2022 - 18:53 WIB
loading...
Disalahkan Atas Krisis Pangan Global, Dubes Rusia WO dari Rapat PBB
Dubes Rusia untuk PBB Vasily Nebenzia melakukan walk out saat rapat Dewan Keamanan PBB. Foto/The Guardian
A A A
NEW YORK - Duta Besar (Dubes) Rusia untuk PBB keluar alias walk out dari pertemuan Dewan Keamanan setelah presiden Dewan Eropa mengatakanMoskow mempertaruhkan krisis pangan global dalam invasi ke Ukraina .

Presiden Dewan Eropa Charles Michel berbicara langsung dengan Vassily Nebenzia pada pertemuan pada hari Senin, di mana dia menuduh Rusia mencegah Ukraina menanam pangan.

Michel juga mengatakan Rusia menghentikan ekspor makanan dari Ukraina ke seluruh dunia, dan mengatakan pasukan Rusia mencuri gandum.

Ukraina menghasilkan sejumlah besar makanan, terutama untuk negara berkembang, termasuk 12% dan 17% dari pasokan gandum dan jagung dunia. Program Pangan Dunia telah memperingatkan bahwa invasi Rusia dapat mengakibatkan "bencana kelaparan."



Michel mengatakan bahwa serangan Rusia di Ukraina berarti Kiev tidak dapat menanam atau memanen makanan, karena sistem transportasi dan fasilitas penyimpanan biji-bijian Ukraina diserang.

Michel juga mengatakan bahwa Rusia mencegah makanan meninggalkan negara itu, termasuk pergi ke negara-negara berkembang yang berisiko mengalami krisis pangan, dan mengatakan bahwa pasukan Rusia mencuri gandum di Ukraina sambil mengalihkan kesalahan pihak lain.

Michel mengatakan dia melihat jutaan ton biji-bijian dan gandum terjebak di pelabuhan di kota Odesa Ukraina beberapa minggu sebelumnya karena kapal perang Rusia di Laut Hitam.

"Ini menaikkan harga pangan, mendorong orang ke dalam kemiskinan dan mengacaukan seluruh wilayah," kata Michel.

"Rusia sepenuhnya bertanggung jawab atas krisis pangan yang mengancam ini. Rusia sendiri," imbuhnya seperti dikutip dari Insider, Selasa (7/6/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)