Profil Nupur Sharma, Penghujat Nabi Muhammad yang Picu Kemarahan Dunia

Selasa, 07 Juni 2022 - 12:56 WIB
loading...
Profil Nupur Sharma, Penghujat Nabi Muhammad yang Picu Kemarahan Dunia
Juru bicara unit Delhi BJP Nupur Sharma (kanan) mengikuti pertemuan partai. Foto/Facebook/Nupur Sharma
A A A
NEW DELHI - Nupur Sharma memang jarang luput dari sorotan. Pada Minggu (5/6/2022), partai berkuasa India, BJP, menangguhkan juru bicara nasionalnya untuk "menunggu penyelidikan lebih lanjut" terkait penghinaan Nabi Muhammad.

Langkah BJP itu lebih dari sepekan setelah Polisi Mumbai mendaftarkan berita acara pemeriksaan (FIR) terhadapnya karena diduga menyakiti sentimen agama melalui pernyataannya tentang Nabi Muhammad bulan lalu selama debat berita televisi.

India menghadapi reaksi keras dari dunia Arab atas pernyataan Sharma dan kepala medianya di Delhi, Naveen Kumar Jindal, yang telah dipecat.

Siapakah Nupur Sharma?

Nupur Sharma adalah mantan juru bicara nasional Partai Bharatiya Janata (BJP). Dia diskors dari partai pada Juni 2022 karena pernyataannya tentang Nabi Muhammad selama debat di saluran berita.

Sebagai mahasiswa di Universitas Delhi, Nupur Sharma terlibat aktif dengan Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP), organisasi mahasiswa yang berafiliasi dengan RSS.

Pada tahun 2008, dia terpilih sebagai presiden organisasi dan juga mulai muncul di saluran berita. Nupur memiliki gelar master di bidang hukum dari London School of Economics.

Karier Nupur Sharma

Sebelum menjadi juru bicara unit Delhi BJP, Nupur Sharma bekerja dengan sayap pemuda partai selama bertahun-tahun.

Pada 2015, dia menjadi pusat perhatian ketika dia diberi tiket untuk bertarung melawan Arvind Kejriwal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1127 seconds (10.177#12.26)