Agama Warga Negara Rusia dan Persentasenya, Ada Islam?

Senin, 06 Juni 2022 - 15:45 WIB
loading...
Agama Warga Negara Rusia dan Persentasenya, Ada Islam?
Seorang wanita Muslim berdiri di depan masjid terbesar di Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia merupakan salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya. Negara yang saat ini dipimpin Presiden Vladimir Putin tersebut memiliki luas wilayah sekitar seperdelapan dari daratan yang dapat dihuni di Bumi.

Dengan jumlah populasi yang banyak, warga negara Rusia tak hanya terbatas pada satu keyakinan agama saja. Melainkan, banyak juga masyarakatnya yang menganut agama lain.

Bersumber data survei Levada Center April 2022, berikut beberapa agama yang dianut warga negara Rusia beserta dengan persentasenya.

1. Kristen Ortodoks

Kristen Ortodoks menjadi agama mayoritas warga negara Rusia. Dikutip dari Russia Beyond, Putri Olga (920-969) merupakan penguasa pertama Rusia yang dibaptis menjadi Kristen Ortodoks di Byzantium pada tahun 950-an.

Setelahnya, cucunya yang bernama Vladimir (960-1015) memutuskan membaptis seluruh negeri.

Sejarawan percaya langkah Vladimir ini agar bisa menyatukan negaranya di bawah satu kekuasaan dan satu agama.

Selain itu, masuknya Vladimir ke Kristen Ortodoks ini juga dikatakan sebagai bentuk peningkatan hubungan Rusia dengan negara-negara Kristen.

Berdasarkan data survei Lavada Center pada April 2022, sekitar 71% responden warga negara Rusia beragama Kristen Ortodoks.

2. Islam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3378 seconds (10.177#12.26)