Menlu Rusia Gagal Kunjungi Serbia karena 3 Negara Tutup Langitnya

Senin, 06 Juni 2022 - 13:52 WIB
loading...
Menlu Rusia Gagal Kunjungi Serbia karena 3 Negara Tutup Langitnya
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov gagal berkunjung ke Serbia setelah tiga negara Balkan menutup wilayah udaranya untuk pesawat Moskow. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov ke Serbia pada hari Minggu gagal. Musababnya, tiga negara Balkan menutup wilayah udara atau langitnya untuk pesawat Moskow.

Makedonia Utara, Bulgaria dan Montenegro semuanya menolak untuk mengizinkan pesawat yang membawa Lavrov menggunakan wilayah udara mereka. Demikian laporan harian Serbia, Vecernje Novosti, pada hari Minggu (5/6/2022).

Kantor berita Interfax pada Senin (6/6/2022) melaporkan bahwa sumber diplomatik senior Rusia telah mengonfirmasi laporan media Serbia tersebut.

“Diplomasi kami belum menguasai teleportasi,” kata sumber itu.



Tidak ada komentar langsung dari Kementerian Luar Negeri Rusia.

Lavrov dijadwalkan tiba di Ibu Kota Serbia, Beograd, pada Senin.

Diplomat top Moskow itu telah dijatuhi sanksi oleh Barat atas perang Rusia di Ukraina.

Uni Eropa juga telah menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia karena invasi tersebut.

Serbia, yang memiliki ikatan budaya yang erat dengan Rusia, telah menangkis tekanan untuk memihak atas invasi Rusia ke Ukraina dan belum bergabung dengan sanksi Barat terhadap Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Serbia Aleksandar Vucic sepakat pada bulan lalu bahwa Rusia akan terus memasok gas alam ke Serbia, sementara negara-negara lain telah dihentikan karena menolak membayar gas Rusia dalam rubel.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)