Menhan AS - China Dilaporkan Akan Bertemu untuk Pertama Kali

Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:33 WIB
loading...
Menhan AS - China Dilaporkan Akan Bertemu untuk Pertama Kali
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dan mitranya dari China Wei Fenghe dilaporkan akan bertemu untuk pertama kali. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin akan bertemu dengan mitranya dari China untuk pertama kalinya dalam perjalanan ke Singapura untuk pertemuan puncak pertahanan utama minggu depan. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan AS.

Tanggal dan waktu pertemuan antara Austin dan Menteri Pertahanan Nasional China Jenderal Wei Fenghe belum ditetapkan, kata pejabat itu, tetapi Austin dijadwalkan untuk berbicara di Dialog Shangri-La pada hari Sabtu, 11 Juni, atau satu hari sebelum Wei berbicara

Dalam pidato dan sepanjang pertemuan di konferensi itu, pejabat tersebut mengatakan Austin diharapkan untuk menekankan pentingnya kawasan itu dalam perencanaan AS di masa depan, serta penekanan pada kerja sama dengan sekutu dan mitra AS guna memastikan kawasan itu tetap terbuka dan bebas.

“Negara-negara Indo-Pasifik telah memperjelas bahwa mereka mencari kawasan yang berakar pada transparansi, kebebasan navigasi, penyelesaian sengketa secara damai, dalam menghormati kedaulatan dan integritas teritorial negara-negara berdaulat,” kata pejabat tersebut.

Baca juga: China Kecam Keras Pembicaraan Perdagangan Amerika-Taiwan

“Pada saat yang sama, kami juga telah melihat seperti apa serangan terhadap prinsip-prinsip bersama ini, dari pelecehan (Republik Rakyat China) di Laut China Selatan hingga invasi brutal Rusia ke Ukraina, dan kami secara aktif bekerja untuk membangun sebuah ketertiban keamanan yang lebih transparan dan inklusif untuk kawasan ini,” imbuhnya seperti dilansir dari CNN, Sabtu (4/6/2022).

Austin dan Wei Fenghe sebelumnya dilaporkan hanya berbicara di telepon satu kali. Pada 20 April, Austin dan Wei berbicara selama sekitar 45 menit, menandai pertama kalinya seorang Menteri Pertahanan AS berbicara dengan rekannya dari China sejak pemerintahan Trump lebih dari setahun sebelumnya.

Namun Pentagon memberikan sedikit rincian dari percakapan tersebut.

“Itu adalah percakapan pertama yang bagus,” kata pejabat senior pertahanan lainnya saat itu.

“Ada berbagai isu yang dibahas. Jelas, masalah keamanan di Indo-Pasifik diangkat. Saya pikir saya akan membiarkannya begitu saja untuk saat ini,” imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1039 seconds (10.177#12.26)