Langka, China-Taiwan 'Bersatu' Protes Jepang

Selasa, 23 Juni 2020 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Beijing dan Taipei menganggap diri mereka penguasa yang sah bagi pulau-pulau yang dikuasai Jepang dan China secara keseluruhan. Ini adalah hasil perselisihan diplomatik setelah China daratan yang dikuasai Komunis memenangi perang saudara yang berakhir pada 1949.

Jepang memutuskan hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan dan menjalin hubungan dengan China pada tahun 1972. PBB juga mengubah pengakuannya, dan negara-negara Barat juga mengubah posisi mereka. Namun, Jepang terus mempertahankan hubungan sektor tidak resmi dan swasta dengan Taiwan, sesama mitra AS, dan hubungannya dengan China sering penuh dengan ketegangan.

Sementara kedua negara mempertahankan hubungan ekonomi yang erat, Jepang menampung puluhan ribu pasukan AS dan pusat komando utama Pentagon telah terbukti menjadi tantangan bagi kehadiran militer China yang semakin luas di seluruh wilayah Asia-Pasifik.

Presiden China Xi Jinping dijadwalkan melakukan perjalanan ke Jepang pada kunjungan kenegaraan pada bulan April, tetapi perjalanan itu ditunda karena kekhawatiran Covid-19 . Bahkan ketika wilayah tersebut mulai pulih dari wabah penyakit, kekisruhan telah menimbulkan pertanyaan baru tentang hubungan kedua negara.

China telah meningkatkan pengaruh keamanannya terhadap wilayah semi-otonom Hong Kong, memamerkan aset-aset militer di dekat Taiwan dan meningkatkan operasi berlayar di dekat Senkaku, atau Diaoyu, pulau-pulau sengketa, mengirimkan kapal-kapal ke daerah yang disengketakan itu selama 69 hari berturut-turut sejak 14 April yang merupakan sebuah rekor. China juga terlibat dalam pertikaian perbatasan berdarah dengan negara tetangganya, India, negara lain yang mendukung pandangan AS dan Jepang untuk "Free and Open Indo-Pacific."
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)