Pepet Pesawat Intai Kanada, Pilot China Acungkan Jari Tengah

Jum'at, 03 Juni 2022 - 09:50 WIB
loading...
A A A
Departemen Pertahanan Kanada mengkonfirmasi rincian insiden tersebut kepada Global News, yang menurut seorang juru bicara telah menjadi perhatian dan frekuensinya meningkat.



"Dalam beberapa kasus, awak udara (Kanada) merasa cukup berisiko sehingga mereka harus segera mengubah jalur penerbangan mereka sendiri untuk meningkatkan pemisahan dan menghindari potensi tabrakan dengan pesawat yang mencegat," kata juru bicara itu.

China telah meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Asia-Pasifik selama dua tahun terakhir, khususnya di sekitar Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri. Negara ini telah meningkatkan latihan dan manuver di sekitar pulau, dan mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa mereka telah melakukan "patroli kesiapan" tempur di laut dan udara dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintah China juga terus mendukung Korea Utara (Korut) secara ekonomi dan finansial meskipun ada serentetan peluncuran roket baru tahun ini, termasuk rudal balistik antarbenua, yang telah menuai kecaman dari tetangganya di Asia dan Barat.

Bulan lalu, China dan Rusia memveto sanksi baru yang didukung oleh AS di Dewan Keamanan PBB sebagai tanggapan atas uji coba senjata Korea Utara.

Hubungan China dengan Kanada sendiri belum pulih sepenuhnya pasca penahanan hampir tiga tahun atas CFO Huawei Meng Wanzhou oleh Kanada atas tuduhan penipuan oleh Amerika Serikat (AS). China membalasnya dengan memenjarakan warga Kanada Michael Kovrig dan Michael Spavor. Ketiganya dibebaskan September lalu setelah Meng mencapai kesepakatan dengan jaksa AS.



Bulan lalu, Kanada melarang Huawei dan sesama raksasa telekomunikasi China ZTE untuk menyumbangkan peralatan ke jaringan 5G yang sedang berkembang, yang semakin membuat marah Beijing.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)