Ingin Hapus Konotasi Negatif, Turki Umumkan Berganti Nama Jadi Turkiye

Kamis, 02 Juni 2022 - 23:45 WIB
loading...
Ingin Hapus Konotasi Negatif, Turki Umumkan Berganti Nama Jadi Turkiye
Ingin Hapus Konotasi Negatif, Turki Umumkan Berganti Nama Jadi Turkiye. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Menteri Luar Negeri Turki , Mevlut Cavusoglu telah mengirim surat ke PBB yang isinya secara resmi meminta agar negaranya disebut sebagai “Türkiye”. Keinginan ini sesungguhnya telah diproklamirkan Turki sejak beberapa waktu lalu.

Seperti dilaporkan Anadolu Agency, langkah ini adalah upaya Ankara untuk mengubah citra negara dan memisahkan nama negara itu dari kosa kata bahasa Inggris yang berarti burung, kalkun, dan beberapa konotasi negatif yang terkait dengannya.



Menurut Anadolu Agency, Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengkonfirmasi penerimaan surat itu pada Rabu malam. Agensi tersebut mengutip Dujarric yang mengatakan bahwa perubahan nama itu berlaku efektif "sejak" surat itu diterima.

Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mendesak agar nama Turki yang diakui secara internasional diubah menjadi “Türkiye” (tur-key-YAY) seperti yang dieja dan diucapkan dalam bahasa Turki. Negara ini menyebut dirinya "Türkiye" pada tahun 1923 setelah deklarasi kemerdekaannya.

Pada bulan Desember, Erdogan memerintahkan penggunaan "Türkiye" untuk lebih mewakili budaya dan nilai-nilai Turki, termasuk menuntut agar "Made in Türkiye" digunakan sebagai ganti "Made in Turkey" pada produk yang diekspor. Kementerian Turki juga mulai menggunakan "Türkiye" dalam dokumen resmi mereka.



Awal tahun ini, pemerintah juga merilis video promosi sebagai bagian dari upaya untuk mengubah namanya dalam bahasa Inggris. Video tersebut menunjukkan turis dari seluruh dunia mengatakan "Halo Türkiye" di tujuan terkenal.

Sementara Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengatakan, pihaknya meluncurkan kampanye "untuk mempromosikan penggunaan 'Türkiye' secara lebih efektif sebagai nama nasional dan internasional negara di platform internasional."

Penyiar negara berbahasa Inggris Turki TRT World telah beralih menggunakan "Türkiye" meskipun kata "Turki" terselip oleh penyiar yang masih mencoba membiasakan diri dengan perubahan itu.



TRT World menjelaskan keputusan itu dalam sebuah artikel awal tahun ini, dengan mengatakan Googling “Turki” memunculkan “sekumpulan gambar, artikel, dan definisi kamus yang kacau yang menyatukan negara dengan Meleagris – atau dikenal sebagai kalkun, burung besar asli Amerika Utara – yang terkenal disajikan pada menu Natal atau makan malam Thanksgiving.”

TRT World berpendapat bahwa orang Turki lebih suka negara mereka disebut "Türkiye", dalam "sesuai dengan tujuan negara untuk menentukan bagaimana orang lain harus mengidentifikasinya."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)