AS akan Jual Drone Tempur Grey Eagle ke Ukraina, Bisa Bawa Rudal Hellfire

Kamis, 02 Juni 2022 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Sumber tersebut melanjutkan dengan mengatakan uang dari Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina senilai USD40 miliar yang baru-baru ini disahkan telah disisihkan untuk mendukung kemungkinan penjualan dan pelatihan yang diperlukan untuk operator drone.

“Umumnya MQ-1C adalah pesawat yang jauh lebih besar dengan berat lepas landas maksimal sekitar tiga kali lipat dari Bayraktar-TB2, dengan keunggulan yang sepadan dalam kapasitas muatan, jangkauan, dan daya tahan,” ujar pakar drone Dan Gettinger dari Vertical Flight Society seperti dikutip Reuters.

Sistem pesawat tak berawak Gray Eagle dikatakan sebagai lompatan teknologi ke depan karena dapat terbang hingga 30 jam atau lebih tergantung pada misi dan mengumpulkan sejumlah besar data untuk alasan intelijen.

Versi Angkatan Darat dari drone Predator yang populer, Gray Eagle, juga dapat membawa hingga delapan rudal Hellfire yang mematikan.

Dibandingkan dengan Bayraktar-TB2, MQ-1C dapat menggunakan jangkauan bom yang lebih luas.

Bayraktar Ukraina dipersenjatai dengan rudal MAM-L 22 kg yang dikembangkan di Turki, yang beratnya sekitar setengah dari berat Hellfire.

Menurut laporan tersebut, pelatihan tentang sistem UAV General Atomics biasanya memakan waktu berbulan-bulan, tetapi rencana teoretis untuk mengajar pengelola dan operator Ukraina yang berpengalaman dalam hitungan pekan telah diusulkan baru-baru ini.

“Setelah pelatihan drone selesai, Otoritas Penarikan Presiden di masa depan akan digunakan untuk mempersenjatai mereka dengan rudal Hellfire,” papar sumber tersebut.

Sampai Rabu (1/6/2022), Ukraina akan mendapatkan empat sistem roket HIMARS.

Pentagon menekankan pentingnya sistem senjata yang lebih kecil seperti sistem anti-tank Javelin dan rudal anti-pesawat Stinger, yang dikirim Barat ke Ukraina setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)