AS akan Jual Drone Tempur Grey Eagle ke Ukraina, Bisa Bawa Rudal Hellfire

Kamis, 02 Juni 2022 - 11:18 WIB
loading...
AS akan Jual Drone Tempur Grey Eagle ke Ukraina, Bisa Bawa Rudal Hellfire
MQ-1C Gray Eagle sedang menjalankan misi di udara. Foto/us army
A A A
WASHINGTON - Di tengah konflik yang sedang berlangsung, Ukraina telah menggunakan berbagai sistem udara tak berawak (drone) jarak pendek yang lebih kecil untuk melawan angkatan bersenjata Rusia dan republik Donbass.

Bayraktar-TB2 Turki dan AeroVironment RQ-20 Puma AE adalah dua di antaranya. Beberapa drone jatuh ke tangan Rusia dalam kondisi sempurna, saat tentara Ukraina lari menyelamatkan diri.

“Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana mengirim Ukraina empat drone MQ-1C Gray Eagle yang dapat dilengkapi dengan rudal Hellfire untuk digunakan di medan perang melawan Rusia,” papar laporan Reuters pada Rabu (1/6/2022).



Sumber yang dirahasiakan di Gedung Putih mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa penjualan drone buatan General Atomics itu mungkin masih ditolak oleh Kongres, dan ada kemungkinan perubahan kebijakan pada menit terakhir yang menyabotase rencana tersebut, yang dilaporkan sedang ditinjau di Pentagon selama beberapa pekan.



Penjualan tersebut dikatakan signifikan karena ini adalah pertama kalinya sistem canggih AS yang dapat digunakan kembali yang mampu melakukan banyak serangan dikerahkan terhadap Rusia di wilayah operasi militer khusus.



Menurut laporan itu, pemerintahan Biden berencana memberi tahu Kongres tentang potensi penjualan ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang, diikuti dengan pengumuman publik.

Namun, Pentagon dilaporkan menyangkal bahwa akan ada sesuatu yang layak diumumkan dalam beberapa hari mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)