2 Raja Thailand yang Jarang Diketahui Punya Banyak Selir

Selasa, 31 Mei 2022 - 23:04 WIB
loading...
2 Raja Thailand yang Jarang Diketahui Punya Banyak Selir
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Foto/theaseanpost
A A A
JAKARTA - Raja Thailand belakangan ini sering menjadi perbincangan hangat, karena banyaknya jumlah selir yang dimiliki. Ternyata negara ini memang melegalkan untuk memiliki lebih dari satu istri alias poligami .

Hukum poligami ini telah diatur selama 400 tahun lamanya dalam periode Ayuthaya dan disahkan pada tahun 1804 oleh Raja Rama I. Hukum yang bernama Kodmai Laksana Pua Mia ini mengesahkan adanya poligami dengan tiga istri kedalam tiga kategori.

Kategori ini dibuat supaya proses pembagian warisan ketika suami meninggal dapat ditentukan. Selain itu, ketika istri ketahuan berzinah dengan laki laki lain maka sang istri harus membayar sejumlah denda berupa uang kepada sang suami.

Hal tersebut adalah sebagian dari aturan poligami yang ada di Thailand. Raja yang melakukan praktek ini juga tidak hanya satu. Terdapat 2 Raja yang diketahui memiliki lebih dari satu selir.



Inilah 2 Raja Thailand yang punya banyak selir yang dinukil dari sejumlah sumber:

1. Raja Mongkut Rama IV

Raja yang diketahui memimpin pada tahun 1851 hingga 1868 ini adalah orang yang memprakarsai reformasi dan perkembangan modern.

Raja Mongkut adalah anak ke tiga dari Raja Rama II. Ketika hendak dijadikan Raja dia sempat menolak dan lebih memilih menjadi biksu, meskipun pada akhirnya dia ikut menjadi salah satu menteri dan sempat ikut serta dalam pembentukan perjanjian dengan Inggris.

Dia ini merupakan salah satu Raja Thailand yang memiliki banyak selir. Raja Mongkut setidaknya memiliki 32 istri dan selir, dan juga 82 anak. Selain istri pertamanya, istri istri yang lain juga disebut dengan permaisuri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)